PT Abu Tours Dipidana Denda Rp 1 Miliar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 14:53 WIB
Sidang Abu Tours di PN Makassar (Hermawan M/detikcom)
Makassar -

Pengadilan Negeri (PN) Makassar menjatuhkan pidana denda Rp 1 miliar terhadap korporasi PT Amanah Bersama Umat (Abu Tours). Abu Tours secara korporasi dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Menyatakan terdakwa PT Amanah Bersama Umat yang diwakili pengurus atau kuasa Muhammad Hamzah Mamba, alias Abu Hamzah telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencucian uang secara bersama-sama sebagai perbuatan berlanjut," kata hakim ketua Denny Lumban Tobing saat membacakan putusannya dalam PN Makassar, Jalan Kartini, Makassar, Sulsel, Rabu (27/11/2019).

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa PT Amanah Bersama Umat yang diwakili Hamzah Mamba dengan pidana denda sebanyak Rp 1 miliar," imbuhnya.

Majelis hakim menyatakan, jika terdakwa tidak membayar pidana denda tersebut, diganti dengan aset Hamzah Mamba yang sama nilainya dengan denda tersebut atau dengan pidana kurungan selama 1 tahun.

Dalam sidang ini, Denny juga menyebutkan beberapa hal yang memberatkan, yaitu terdakwa tetap membuka pendaftaran umrah di beberapa kota di Indonesia di bawah harga rasional sehingga masyarakat banyak mendaftar dan akhirnya tidak diberangkatkan.

"Terdakwa sudah tahu perusahaannya rugi tapi masih terus membuka pendaftaran," kata dia.


Tonton juga Jaksa Agung Bakal Bantu Kembalikan Aset First Travel ke Jemaah :

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/fdn)