detikNews
2019/11/27 14:46:39 WIB

Annas Maamun Dapat Grasi, KPK Ungkap Pengembangan Kasus Korporasinya

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Annas Maamun Dapat Grasi, KPK Ungkap Pengembangan Kasus Korporasinya Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Mantan Gubernur Riau Annas Maamun mendapatkan grasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa pengurangan hukuman. KPK mengaku belum tahu betul apa alasan Jokowi memberikan grasi itu pada Annas.

"Kami belum mendapatkan informasi apa alasan dari pemerintah untuk menetapkan Pak Annas Maamun itu untuk diberikan grasi," ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Annas merupakan terpidana kasus korupsi terkait alih fungsi lahan kebun kepala sawit di Riau. Hukuman 7 tahun penjara baginya dikorting Jokowi menjadi 6 tahun melalui grasi.




Kembali pada pernyataan Syarif. Dia memastikan surat soal pemberian grasi Annas itu sudah diterima KPK dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM).

"Kami sudah mendapatkan surat dari Kementerian Hukum dan HAM dan Dirjen Lapas bahwa ada grasi dan meminta jaksa KPK untuk melaksanakan keputusan grasi tersebut. Pasti akan dilaksanakan oleh KPK," kata Syarif.

Namun di sisi lain Syarif menyebut bila sebenarnya ada pengembangan kasus dari perkara yang menjerat Annas. Kasus apa itu?


Tonton juga KPK Tetapkan Pengusaha DS Jadi Tersangka Kasus Korupsi RTH Bandung :





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com