OC Kaligis Tepis Cari Panggung Gugat Perdata Anies soal Pengangkatan BW

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 13:16 WIB
OC Kaligis (Yulida/detikcom)
Jakarta - Bambang Widjojanto (BW) menilai gugatan perdata terpidana kasus korupsi, OC Kaligis, terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan terkait pengangkatan dirinya di TGUPP sekadar cari panggung. OC Kaligis menepis hal itu dan mengungkit perjalanan karirnya sejak 1978.

"Baru dia bilang saya ini cari panggung, cari panggung, gue dari tahun '78 sudah malang melintang, sudah ke luar negeri," kata OC Kaligis di PN Jakpus, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).
OC Kaligis justru mempertanyakan status BW. Dia menyebut BW diberhentikan presiden dari posisi pimpinan KPK dan mengatakan BW berstatus terpidana tapi memegang jabatan di DKI.

"Selaku komisioner KPK, dia diberhentikan oleh presiden, tidak dapat gaji, kemudian dia maju ke MK, untuk melawan putusan Presiden ditolak. Dia maju ke praperadilan, supaya namanya direhabiliter ditolak. Nah berarti dia itu statusnya tetap terpidana, pegang jabatan penting sebagai petinggi pemberantas korupsi di DKI," kata Kaligis.

OC Kaligis kemudian mencontohkan kasus mantan Direktur Penyidikan KPK Aris Budiman yang disebut bertemu dengan anggota DPR sudah dipermasalahkan. Sementara itu, dia mengungkit kembali kasus BW yang disebutnya pernah terjerat kasus kesaksian palsu.


Tonton juga OC Kaligis Gugat Anies Baswedan soal Pengangkatan BW di TGUPP :



Ia juga menyoroti sikap BW saat menangani sengketa perselisihan suara pada Pilpres 2019 di MK. Menurutnya, BW menuding hakim tidak jujur, tetapi nama baiknya sendiri belum mendapat rehabilitasi.

"Lucas aja di luar pengadilan dituduh menghalangi pemeriksaan, padahal bukan di ruang sidang. Di dalam sidang dia selalu berteriak, waktu di MK, seolah-olah hakim-hakim MK nggak jujur, padahal dia sendiri kotornya luar biasa," kata OC Kaligis.



Sebelumnya, BW mengaku tidak memikirkan gugatan pengacara OC Kaligis agar Pemprov DKI Jakarta memecatnya dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Bagi BW, alasan OC Kaligis mengada-ada dan hanya mencari panggung.

"Argumen-argumen yang mengada-ada. Dia lagi cari panggung dengan argumen-argumen yang ada," ucap BW di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (21/11).

Diketahui, terpidana kasus suap OC Kaligis mengajukan gugatan perdata kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pengangkatan BW selaku Ketua Komite Pencegahan Korupsi di TGUPP. OC meminta Anies mencopot BW dari jabatan itu. (yld/haf)