Masih Besarkah Pengaruh Amien Rais untuk Pemilihan Ketum PAN?

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 12:31 WIB
Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais masih belum memberikan sikap terkait bursa calon Ketua Umum PAN. Di sisi lain, ada teori yang menyebut calon Ketua Umum PAN yang mendapat dukungan Amien Rais pasti terpilih. Masih besarkah pengaruh Amien?

"Teori itu bisa iya, bisa nggak ya," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dihubungi, Selasa (26/11/2019).


Namun, Yandri menjelaskan pemilihan Ketum PAN tetap berdasarkan perolehan suara. Mereka yang memiliki hak suara di antaranya ketua dan sekretaris DPW.

"Di internal partai pemilik suara itu di kongres itu ketua dan sekretaris DPW. Kalau DPP, ketum, sekjen dan bendahara umum. Kemudian tingkat kabupaten/kota hanya ketua DPD," jelasnya.

Masih Besarkah Pengaruh Amien Rais untuk Pemilihan Ketum PAN?Yandri Susanto (Zhacky/detikcom)

Setidaknya ada lima kader yang disebut akan maju sebagai caketum PAN, yakni petahana Zulkifli Hasan (Zulhas), Hanafi Rais, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Bima Arya. Yandri menyebut pemilihan Ketum PAN sebagai kontestasi keluarga.


"Tetapi sekali lagi kontestasi di PAN, kontestasi keluarga. Bang Zul (Zulhas) dengan semuanya baik, gitu loh. Jadi tidak ada masalah kalau harus bersaing untuk menjadi yang terbaik. Saya pikir bagus, termasuk Mas Hanafi mau jadi sekjen, mau jadi ketua umum, itu hak dia. Jadi tak ada masalah," sebut Yandri.

Diberitakan sebelumnya, Amien Rais, yang diyakini pengaruhnya masih kuat dalam penentuan Ketum PAN, disebut akan melabuhkan dukungan ke salah satu caketum di waktu yang tepat. Lalu, ke mana Amien akan mengarahkan dukungannya?

"Kalau Pak Amien sendiri, kita tunggu aja. Beliau pasti mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan endorsement. Jadi, tidak usah terburu-buru," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin (25/11).


Tonton juga Ramai-ramai 28 DPW PAN Minta Zulhas Jadi Ketum Lagi :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)