Kemenristek Fasilitasi Pengembangan Alih Teknologi kepada 7 PTN

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 01:31 WIB
Ilustrasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memfasilitasi pengembangan kelembagaan kepada tujuh lembaga perguruan tinggi negeri badan hukum (PTBNH) yang telah menjalankan alih fungsi teknologi atau technology transfer office (TTO) untuk komersialisasi hasil riset dan inovasi dan berada dalam kawasan sains dan teknologi (KST) pada 2019.

Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada dan ITS.


"ini dimaksudkan untuk mengembangkan kelembagaan TTO dan mendukung proses alih teknologi di dalam kawasan sains dan teknologi," kata Kepala Subdirektorat Kawasan Sains dan Teknologi Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristek Yani Sofyan seperti dikutip dari Antara, Senin (25/11/2019).

Kegiatan yang dilakukan oleh TTO dalam alih teknologi mulai dari pengungkapan teknologi hasil invensi peneliti, valuasi teknologi invensi, pengelolaan kekayaan intelektual atau paten, dan komersialisasi teknologi yang telah memiliki paten melalui lisensi, perusahaan spin-off dan perusahaan pemula berbasis teknologi (start-up).
Selanjutnya
Halaman
1 2