Doa Kelahiran Anak yang Perlu Dibaca Kedua Orangtua

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 05:00 WIB
Doa kelahiran anak. Foto: iStock
Jakarta - Kelahiran sang anak menjadi dambaan kedua orang tua. Tentunya, doa kelahiran anak perlu dibaca kedua orangtua sebagai tanda syukur dan memohon perlindungan pada Allah SWT.

Tangisan bayi menjadi tanda awal kehidupan yang biasanya akan disusul dengan rasa bahagia dari kedua orang tua. Setelah 9 bulan ditunggu, akhirnya sang buah hati lahir ke dunia dalam keadaan sehat.



Mengutarakan rasa syukur dalam agama Islam bisa dilakukan dengan memanjatkan doa. Dikutip dalam buku berjudul "Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki" oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika kelahiran anak.


Berikut ini doa menyambut kelahiran bayi sesuai sunnah:



1. Doa Ketika Menghadapi Kelahiran Anak


"Laa ilaaha illalaahul'azhiimul haliimu, laa ilaaha illallaahu rabbul arsyil azhiimi, la ilaha illallaahurabbus samaawaati wal ardhi warabbul arsyil kariim."


Artinya: Tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah melainkan Allah, Dzat Yang Maha Agung Lagi Maha Panyantun, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah melainkan hanya Allah Tuhannya arasy yang agung, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah, melainkan Allah Tuhannya langit dan bumi dan Tuhannya arasy yang mulia."


2. Doa Memohon Perlindungan Bagi Bayi



"U'iiduka bikalimaatillaahit tammaati min kulli syaitaanin wahaammatin wamin kulli'ainil laammatin"


Artinya: "Aku berlindung kepada-Mu dengan kalimat Allah yang sempurna dari gangguan syetan dan binatang melata dan dari semua pandangan yang menakutkan."


Setelah bayi lahir, bacalah kalimat adzan di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri. Kemudian dilanjutkan dengan doa di atas.


Semua doa ini bisa dibaca para orangtua setiap hari setelah sholat fardhu.



(lus/erd)