Polisi Limpahkan Berkas ke Jaksa Kasus Korupsi Dermaga Gili Air Lombok

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 17:52 WIB
Pantai Gili Air (bona/detikcom)
Mataram - Berkas perkara tiga tersangka kasus dugaan korupsi dalam proyek pembangunan dermaga di kawasan wisata Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dilimpahkan ke jaksa. Diduga proyek itu merugikan negara miliaran rupiah.

"Berkasnya (milik tiga tersangka) sudah tahap satu. Sudah kita limpahkan ke jaksa. Berkas tiga tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB Kombes Pol Syamsuddin Baharudin di Mataram sebagaimana dilansir Antara, Senin (25/11/2019).

Tiga tersangka yang berkas perkaranya dilimpahkan ke jaksa peneliti pada Kejati NTB itu adalah mantan Kabid di Dishublutkan Lombok Utara berinisial AA, dengan peran dalam proyek tersebut sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). Kemudian untuk dua tersangka lainnya adalah ES dan SU dari pihak rekanan pelaksana proyek.

Syamsuddin menjelaskan, berkasnya dilimpahkan ke jaksa peneliti setelah tim penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB menyatakan materi penyidikannya lengkap.

Materi penyidikannya dinyatakan lengkap setelah seluruh tahap penyidikan selesai. Mulai dari hasil pemeriksaan saksi, ahli, tersangka, sampai pada tahap penyitaan barang bukti sudah dirampungkan dalam berkas perkaranya.

Terpisah, Kasi Penkum dan Humas Kejati NTB Dedi Irawan mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima pelimpahan berkas perkara milik tiga tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan dermaga di Gili Air dari penyidik kepolisian.

"Sejak berkasnya diterima, jaksa punya waktu 14 hari untuk meneliti kelengkapannya," kata Dedi.

Tonton juga Detik-detik Kapal Tabrak Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni :



Selanjutnya
Halaman
1 2