PAN Bergeliat Soal Ketum Baru, Ke Mana Restu Amien Rais?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 15:30 WIB
Amien Rais. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PAN akan segera menggelar rapat kerja nasional (rakernas) untuk menentukan jadwal kongres, kemudian memilih ketua umum baru. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang diyakini pengaruhnya masih kuat dalam penentuan Ketum PAN disebut akan melabuhkan dukungan ke salah satu caketum di waktu yang tepat.

"Kalau Pak Amien sendiri, kita tunggu aja. Beliau pasti mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan endorsement. Jadi, tidak usah terburu-buru," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin (25/11/2019).


Untuk diketahui, sejumlah nama muncul untuk mengisi kursi Ketua Umum PAN. Nama-nama tersebut adalah Hanafi Rais, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Bima Arya, dan Ketum PAN petahana Zulkifli Hasan.

Menurut Saleh, Amien Rais bisa saja akan mendukung salah satu kandidat Ketum PAN tersebut. Amien disebutnya ingin PAN semakin maju di bawah kandidat ketum yang didukungnya.

"Dalam perkembangannya nanti, Pak Amien bisa saja mendukung salah seorang kandidat tertentu yang dinilai mampu untuk menakhodai PAN. Sebagai pendiri dan sesepuh di PAN, wajar jika beliau memiliki keinginan agar PAN menjadi maju dan semakin baik dalam melayani rakyat," ujar Saleh.


Saleh mengatakan Amien adalah sosok yang demokratis dan akan mempersilakan kader PAN yang berkompeten untuk maju sebagai kandidat ketum. Saleh menyebut sejauh ini semua kandidat masih pada tahap penyampaian keinginan untuk maju.

"Karena masih pada tahap itu, ya semua kandidat masih sama saja. Dukungannya pun belum mengerucut pada satu kandidat tertentu. Masing-masing sedang berupaya mencari simpati dan dorongan dari wilayah dan daerah-daerah," pungkasnya. (azr/tor)