DPRD Sulsel Kritik Gubernur Umumkan Dana Bantuan Daerah yang Belum Disahkan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 14:25 WIB
Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom/ Rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Pemprov Sulsel
Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom/ Rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Pemprov Sulsel
Makassar - Rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Pemprov Sulsel diwarnai perdebatan soal bantuan keuangan daerah sebesar Rp 500 miliar yang diajukan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

DPRD mengkritik Nurdin yang sudah mengumumkan nominal bantuan keuangan ke salah satu daerah sementara anggarannya masih dalam pembahasan DPRD dan belum disahkan.

"Ketika APBD belum disahkan, dan Pak Gubernur sudah mengumumkan dan menyampaikan jumlah dana hibah yang diberikan kepada satu daerah, maka itu semestinya tidak lakukan karena pembahasan APBD kita belum selesai," ujar Anggota Banggar DPRD Sulsel Rahman Pina dalam Rapat Banggar bersama Pemprov Sulsel di DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (25/11/2019).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif, dan dihadiri Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani, serta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sulsel.




Rahman melanjutkan, jika Nurdin terus mengumumkan nominal bantuan keuangan daerah sementara anggarannya belum disahkan DPRD, maka sama saja lembaga eksekutif di Pemprov Sulsel tidak menghargai DPRD.

"Oleh karena itu, (disampaikan) lewat Pak Sekda dan Ketua Bappeda, ini jangan terulang," kata Rahman.

Anggota DPRD Fraksi Golkar itu mengingatkan agar Pemprov Sulsel tidak merusak hubungan yang harmonis dengan DPRD.

"Kita punya pengalaman yang tidak boleh terulang di periode 2019-2024, adalah adanya hubungan yang tidak terlalu klop antara DPRD dan gubernur, itu yang pertama yang harus kita jaga," tuturnya.

Nurdin memang pernah mengumumkan nominal bantuan keuangan daerah yang akan diberikan. Hal tersebut dilakukan saat hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Gowa ke-699 pada Minggu (17/11).




Saat itu Nurdin mengatakan akan memberi kado ulang tahun berupa bantuan keuangan daerah sebesar Rp 50 miliar untuk Kabupaten Gowa yang merayakan hari jadi ke-699.

"Kado ulang tahun Gowa (yang merayakan hari jadi ke-699) ini kami memberikan bantuan keuangan daerah untuk 2020 sebesar Rp 50 miliar," ujar Nurdin dalam sambutannya di perayaan HUT ke-699 Gowa di kawasan Benteng Somba Opu, Gowa, Minggu (17/11). (nvl/fdn)