KNKT Ingin Berubah Jadi Badan Keselamatan Nasional

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 12:13 WIB
Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono (tengah). (Lamhot Aritonang/detikcom)
Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono (tengah). (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengusulkan ada perubahan dalam bentuk organisasinya. Usulan itu disampaikan lantaran KNKT tak hanya melakukan investigasi terhadap kecelakaan transportasi, tetapi juga dalam bidang konstruksi dan industri.

"Ini titip Bapak Pimpinan, usulan perubahan organisasi KNKT. Komite Nasional Keselamatan Transportasi adalah organisasi yang independen melakukan investigasi kecelakaan transportasi. KNKT juga membantu investigasi beberapa kecelakaan konstruksi dan industri," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Komisi V DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/11/2019).



Menurut Soerjanto, konsep investigasi keselamatan juga diperlukan untuk kecelakaan konstruksi dan industri. Soerjanto mencontohkan Badan Keselamatan di Belanda yang melakukan investigasi di tiga bidang tersebut.

"Konsep investigasi keselamatan untuk mencari penyebab dengan asas no blame, no judicial, dan no liability oleh organisasi yang independen dipandang perlu untuk kecelakaan konstruksi maupun industri," ujar Soerjanto.

"Sebagai contoh, di Belanda ada Dutch Safety Board, mereka melakukan ketiga bidang ini," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2