KPAI Minta Mendikbud Nadiem Perhatikan Guru-Perluas Akses Pendidikan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 05:15 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti, mengapresiasi konsep kemerdekaan belajar yang ada dalam naskah pidato Mendikbud Nadiem Makarim. Namun Retno mengatakan perjuangan untuk mewujudkan konsep tersebut tidak mudah.

"KPAI mengapresiasi pidato Mendikbud Nadiem dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2019 yang ditulis dengan gaya bahasa milenial dan tidak bertele-tele. Isi pidato memberikan harapan perubahan, karena Menteri Nadiem berjanji akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Perjuangan yang sudah pasti tidak mudah," kata Retno dalam keterangannya, Minggu (24/11/2019) malam.

Retno mengatakan kemerdekaan belajar harus tercipta di kelas-kelas di seluruh Indonesia. Menurutnya kemerdekaan belajar harus dimulai dengan membangun budaya demokrasi di sekolah, saling menghargai perbedaan dan menghormati hak asasi manusia (HAM) setiap orang, siapapun dia, guru maupun murid, dan seluruh warga sekolah.


Retno yang juga pernah menjadi kepala sekolah ini mengatakan menghargai HAM artinya tidak mentoleransi kekerasan atas nama mendidik dan mendisiplinkan peserta didik. Menurutnya anak-anak harus terlindungi selama di sekolah.

"Apa yang dikemukakan Mendikbud sebenarnya bukan barang baru, karena berpuluh tahun yang lalu, Ki Hajar Dewantara juga mendeskripsikan sekolah sebagai taman. Taman diartikan sebagai tempat yang menyenangkan karena luas, banyak bunga, bisa bermain, berlarian, bergurau dan belajar, sehingga pergi ke sekolah itu adalah hal yang dinanti setiap anak karena membahagiakan dan memerdekakan," ungkapnya.

Dukung Konsep 'Kemerdekaan Belajar' Mendikbud Nadiem, KPAI Beri SaranFoto: Komisioner KPAI Retno Listyarti (Isal Mawardi)

Selain itu, Retno mengatakan kemerdekaan belajar juga harus diawali dengan memberikan kemerdekaan bagi guru untuk mengajar agar tak terbelenggu kurikulum dan administrasi. Dia mengungkapkan selama 25 tahun terakhir, berdasarkan penelitian, tak ada perubahan cara mengajar para guru di kelas.



Simak video Teks Pidato Mendikbud Nadiem di Hari Guru Bikin Netizen Terkesan:


Selanjutnya
Halaman
1 2