Round-Up

Nasib Trotoar Jatinegara: dari Parkir Liar hingga PKL Tak Jera

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 22:20 WIB
Foto: Parkir liar di Jatinegara (Bil-detikcom)
Foto: Parkir liar di Jatinegara (Bil-detikcom)
Jakarta - Para pedagang hewan peliharaan memenuhi trotoar di sekitar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Mereka nekat buka lapak di area yang tersedia untuk pejalan kaki demi mencari keuntungan di akhir pekan

Fungsi trotoar di Jatinegara, Jakarta Timur, nampaknya tak sepenuhnya untuk para pejalan kaki. Trotoar yang lebar itu hanya bisa dimanfaatkan separuhnya karena dijajah pedagang hewan peliharaan.

Para pedagang mengaku berjualan di lokasi itu memang dilarang. Namun, tak ada tindakan tegas menjadikan para pedagang tak jera dan kapok sehingga mereka kembali lagi berjualan.



"Kalau Sabtu-Minggu sudah biasa begini. Tapi kalau hari biasa kita agak ke dalam, nggak sampai ke depan trotoar," kata salah seorang pedagang, Irwan, saat ditemui di lokasi, Minggu (24/11/2019).

Dari lebar trotoar sekitar 6 meter, sebagai besar sudah ditempati pedagang. Mayoritas pedagang itu menjual hewan peliharaan mulai dari burung hias hingga kucing.

Nasib Trotoar Jatinegara: dari Parkir Liar hingga PKL Tak JeraFoto: PKL Hewan Peliharaan jajah trotoar di Jatinegara (Bil-detikcom)


Selain pedagang hewan peliharaan, pedagang kaki lima lain juga ikut menempati trotoar di area ini. Mereka tetap menempati trotoar meski sudah berapa kali ditertibkan.

"Pernah beberapa kali ditertibkan Satpol PP, ya kita ikut aja. Kan namanya dagang, cari uang. Kalau Sabtu-Minggu aja kita di sini, hari biasa di dalam," ujar Irwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2