Pengaruh Amien Rais Dinilai Masih Kuat dalam Penentuan Ketum PAN

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 14:47 WIB
Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Pengaruh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dinilai masih kuat dalam penentuan ketua umum partai berlambang matahari putih itu. Peran Amien dinilai seperti sosok Megawati Soekarnoputri di tubuh PDIP.

"Kali ini Pak Amien Rais akan masih, menurut saya, masih berpengaruh. Meskipun pastinya dari waktu ke waktu ini terkurangi, tapi masih terpengaruh. Perannya masih ikut menentukan lah arahnya PAN. Ya 11-12-lah kayak Bu Mega di PDIP," kata pengamat politik Siti Zuhro di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2019).



Menurut Siti, Amien Rais akan mencari sosok yang bisa mendongkrak elektoral PAN pada 2024. Pasalnya, persaingan partai politik ke depan dinilai akan semakin kompetitif.

"Tapi terkait dengan daya dongkraknya, apakah mampu mendongkrak elektoralnya PAN itu dipikirkan betul. Karena makin kompetitif kan ke depan itu, takutnya PAN terlempar juga," ujarnya.

Meski demikian, menurut Siti, Amien Rais bukan satu-satunya pemilik suara. Karena itulah, Siti menyebut Ketum PAN Zulkifli Hasan berpotensi terpilih kembali meski berhadapan dengan putra Amien Rais, Hanafi Rais.

"Satu besan, satu anaknya gitu ya. Kalau menurut saya, pemilik suara ini kan bukan hanya Pak Amien saja kan. Pemilik suara ini kan DPD-DPD, biasanya kan gitu. Jadi tergantung, kalau ada pengakuan yang luar biasa terhadap kinerjanya Bang Zul lima tahun terakhir ini dalam menakhodai PAN, tak tertutup kemungkinan beliau akan terpilih kembali," jelas Siti.



Siti menilai kepemimpinan Hanafi Rais belum teruji. Karena itulah, menurutnya, Zulkifli bisa menjadi kandidat terkuat Ketum PAN.

"Iya, kan (Hanafi) belum teruji. Ini (Zulkifli) kan udah lima tahun, Ketua MPR pula. Secara pengalaman kan menang dia," ucap Siti.

"Ya bisa dikatakan demikian (Zulkifli calon ketum terkuat). Dia inkumbenlah, inkumben di mana-mana kan kuat, dan sudah punya pengaruh, punya ceruk dukungan yang jelas," pungkasnya.

Tonton juga Maju ke Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Incar Dukungan PKB-PAN-PPP :

[Gambas:Video 20detik]

(azr/mae)