Saran Stafsus Jokowi: Veronica Koman Minta Maaf ke Keluarga Jenderal Sudirman

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 13:13 WIB
Siluet patung Jenderal Sudirman kala Presiden Jokowi mengumumkan 7 stafsus milenial. (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Ucapan Veronica Koman yang mengaitkan patung Jenderal Sudirman di Istana dengan oligarki menuai kontroversi. Veronica meminta maaf atas ucapannya. Menurut Stafsus Presiden Jokowi, Amminudin Ma'ruf, sebaiknya Veronica meminta maaf secara langsung kepada keluarga Jenderal Sudirman.

"Alangkah lebih baik jika yang bersangkutan berinisiatif bertemu dan meminta maaf secara langsung kepada keluarga Jenderal besar Soedirman sebagai etika budaya kita," kata Amin lewat pesan singkat, Minggu (24/11/2019).


Foto penampakan patung Jenderal Sudirman yang disinggung Veronica Koman adalah saat Jokowi mengenalkan para staf khususnya dari kalangan milenial. Saat itu, perkenalan berlangsung di veranda Istana Merdeka.

 Staf Khusus Jokowi, Amminudin Ma'ruf/ Staf Khusus Jokowi, Amminudin Ma'ruf. (Andhika Prasetya/detikcom)

Kembali ke pernyataan Amin, dia menyebut ucapan Veronica patut dijadikan pelajaran bagi semua pihak untuk tidak langsung berasumsi tanpa fakta yang sebenarnya. Dikhawatirkan, kata Amin, hal serupa bisa menjadi kontraproduktif, khususnya bagi generasi muda.

"Pelajaran untuk kita semua, apa yang dilihat dan didengar jangan pernah langsung disimpulkan, apalagi dianggap kebenaran jika kita tidak mengetahui persis yang sebenarnya. Jika terus-menerus hal ini terjadi, apalagi di kalangan generasi muda, hanya akan menimbulkan kontroversi dan kontraproduktif dengan image anak muda yang selalu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk bersama mendorong percepatan pembangunan bangsa," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2