Perda Disiapkan, Banjarmasin akan Jadi Kawasan Wisata Halal

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 11:55 WIB
Pasar Terapung Banjarmasin (Foto: detikTravel)
Banjarmasin - Ibukota Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin akan menjadi kawasan wisata halal. Aturan tersebut sudah masuk dalam raperda yang akan dibahas pada tahun depan.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Minggu, menegaskan, bahwa pihaknya sudah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang wisata halal Kota Banjarmasin pada 2020. Di mana, lanjut dia, inisiatif pemerintah kota mengajukan Raperda tentang wisata halal ini disetujui pihak DPRD Kota Banjarmasin untuk masuk Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020.

"Sudah diputuskan pada rapat paripurna Raperda tentang wisata halal ini masuk dari 19 Raperda dalam Propemperda yang dibahas dewan pada 2020," papar Ibnu Sina yang dikutip dari Antara, Minggu (24/11/2019).

Menurut dia, Banjarmasin sangat perlu menegaskan diri sebagai kawasan wisata halal karena penduduknya yang mayoritas muslim, khususnya untuk menarik wisatawan dari kawasan timur tengah.



Menurut Ibnu Sina, Kota Banjarmasin berani untuk menyatakan diri sebagai kawasan wisata halal, karena ini sedang tren, sebab sebagai kawasan yang mayoritas penduduknya beragama Islam harus mengedepankan itu, misalnya soal kuliner.

"Kita liat saja itu masakan Padang, secara nasional kan diterapkan sebagai kuliner halal," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2