Round-Up

Patung Jenderal Sudirman yang Disinggung Veronica Koman

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 06:59 WIB
Veronica Koman. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Veronica Koman kembali disorot publik. Cuitannya soal Patung Jendral Sudirman di Istana Merdeka menuai kontroversi.

Dalam akun Twitter-nya @VeronicaKoman, dia mengunggah sebuah foto ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan staf khusus barunya dari kalangan milenial. Dalam cuitannya itu, Veronica mempertanyakan patung Sudirman yang berada di ruangan Istana Merdeka, sambil ditandai lingkaran berwarna merah.

"Sosok misterius siapa ini di belakang Pak Jokowi? Oligarki?" cuit Veronica seperti dilihat, Sabtu (23/11/2019).



Cuitan itu tak lama menuai kontroversi. Veronica dianggap oleh netizen tidak menghargai pahlawan bangsa. Cuitan pertamanya itu dibuat pada Kamis (21/11). Dua hari setelahnya, Veronica minta maaf. Dia mengaku tidak tahu kalau objek yang dilihatnya dalam foto merupakan Patung Jenderal Sudirman.

"Jujur saya tidak tahu itu patung Jenderal Sudirman. Seumur-umur ke Istana cuma pernah nyampe di sampingnya pas antar surat Kamisan. Saya juga hampir tidak pernah nonton TV," cuit Veronica.

"Saya minta maaf bagi yang merasa tersinggung soal pahlawan nasional," tambahnya.



Keberadaan Patung Jenderal Sudirman sudah lama berdiri di salah satu ruangan di Istana Merdeka. Patung itu akan terlihat ketika Presiden mengundang tamu negara di beranda Istana Merdeka atau Jokowi menyebutnya dengan Veranda Talk.

Lokasi Veranda Talk ini berada di bagian belakang Istana Merdeka. Posisinya menghadap taman dan lapangan asri yang dipenuhi oleh tumbuhan dan pepohonan besar.

Eks Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, Veranda Talk menjadi tradisi baru yang dilakukan Jokowi di Istana Kepresidenan. Maknanya, yakni agar pembicaraan bisa lebih intim.




Tonton juga video saat Polisi Buru Veronica Koman Tersangka Provokasi Asrama Papua:


Selanjutnya
Halaman
1 2