Round-Up

Fadli Zon yang Terus Mengusik Ahok

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 05:06 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon (Tsarina/detikcom)

3. Fadli usik Ahok soal Sumber Waras

Fadli Zon yang dulu adalah Wakil Ketua DPR ini pernah mendoakan agar Ahok segera mengenakan rompi oranye, alias menjadi tersangka KPK untuk kasus korupsi pengadaan lahan di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat.

"Tak perlu ahli hukum, bahwa dalam pembelian ini telah terjadi tindak pidana korupsi. Saya bukan doakan sebenernya, tapi dia (Ahok) memang harus segera memakai rompi oranye," kata Fadli di acara Pro Kontra Audit Sumber Waras di Waroeng Daun, Cikini, Jakarta, 16 April 2016 silam. Dia menantang Ahok untuk berdebat soal kasus Sumber Waras. Fadli yakin, ada unsur kerugian negara di kasus itu.

Waktu bergulir. Badan Musyawarah DPR berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang kasus pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI. Ahok menanggapi hal tersebut dengan menyindir Fadli Zon. "Kenapa enggak bikin Pansus ke New York? Gitu bilang (ke DPR)," ujar Ahok yang saat itu menjadi Gubernur Jakarta, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada 28 Juni 2016.

Isu yang disindir Ahok adalah isu permintaan fasilitas dari Fadli Zon kepada Konsulat Jenderal RI New York untuk putri Fadli yang tengah mengikuti kelas musim panas di AS. Fadli, konon, minta penjemputan dari bandara ke penginapan untuk anaknya, Fadli juga sempat meminta pendampingan dari pihak KJRI selama sang putri ada di New York, namun tidak dikabulkan karena keterbatasan anggaran.

Fadli Zon yang Terus Mengusik AhokFoto ilustrasi: Arief Ikhsanudin/detikcom