Festival Deepavali, Anies Jamin Jakarta untuk Semua

Rahel Narda C - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 22:24 WIB
Foto: Rahel-detikcom/Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan keagamaan umat Hindu, Festival Deepavali. Anies menegaskan Ibu Kota menjadi tempat bagi semua.

"Komitmen kami di Jakarta adalah, dari awal kami sampaikan bahwa Jakarta harus bisa menjadi tempat bagi semua," kata Anies di Festival Deevapali, di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/11/2019).

Anies menginginkan Jakarta dapat menjadi rumah bagi semua golongan, termasuk umat Hindu. Masyarakat Jakarta menurutnya harus mendapatkan kesetaraan dan kesempatan yang sama di Jakarta.

"Rumah bagi semua, di mana semua merasakan kesetaraan kesempatam di tempat ini dan itu artinya dari seluruh aspek kita harus fasilitasi, termasuk bagi masyarakat Hindu dan khususnya di sini adalah masyarakat Hindu keturunan India," sambungnya.

Anies bercerita tentang pertemuannya dengan tokoh-tokoh agama Hindu saat awal menjabat sebagai gubernur. Dia berjanji akan menyediakan kebutuhan masyarakat Hindu.

"Saya ingat pada masa awal saya bertugas saya bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat hindu di Jakarta. Saya bertemu dan saya sampaikan kepada semua, 'saya tidak ingin menjelaskan apa yang kami kerjakan, bapak ibu sekalian menjelaskan pada kami apa yang menjadi kebutuhan. Dari situ nanti kita siapkan'," terang Anies dalam sambutannya.



Anies juga menyampaikan Pemprov DKI menyiapkan krematorium dan tempat ibadah bagi umat hindu di Jakarta. Selain itu, Anies juga menyampaikan adanya surat gubernur tentang libur fakultatif bagi umat Hindu di Jakarta.

"Sejak 2013 kita sudah mengeluarkan surat gubnernur untuk libur fakultatif di Jakarta ini. Ini tentu menjadi harapan bagi semua, bahwa bukan hanya dua provinsi, provinsi Bali dan Jakarta yang memberikan libur fakultatif. Mudah-mudahan itu memang bisa meng-Indonesia di seluruh provinsi di indonesia," tutur Anies.

Tidak hanya itu, Anies juga berjanji akan menjadikan kawasan Pasar Baru sebagai Little India di Jakarta.

"Tujuannya tidak lebih tidak kurang. Satu adalah memfasilitasi komunitas (keturunan India) yang selama ini ada. Kedua adalah menarik lebih banyak lagi orang datang ke Jakarta mendapatkan pengalaman yang unik berada di jakarta," tutur Anies.



(fdn/fdn)