BKSDA DKI Bimbing Milenial Jaga Ekosistem Mangrove

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 18:07 WIB
Kepala BKSDA Jakarta Ahmad Munawir (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta menggelar kegiatan Ngobrol Santai Konservasi atau 'Ngonser'. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kondisi mangrove ke generasi milenial.

"Karena generasi milenial ini adalah aset bangsa yang harus memiliki pemahaman, harus memiliki pengetahuan, dan harus memiliki kesadaran untuk menjaga sumber daya yang dimiliki, menjaga alam yang kita punya sehingga tidak mengalami kerusakan atau bahkan mengalami kepunahan," kata Kepala BKSDA Jakarta Ahmad Munawir di Lapangan Banteng, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11/2019).


Munawir menyampaikan, keberadaan mangrove memiliki manfaat yang beragam. Beberapa di antaranya adalah sebagai penahan abrasi dan sebagai habitat satwa di sekitar mangrove.

"Mangrove juga berfungsi sebagai tempat wisata. Jadi kita bisa mendapatkan benefit dari dengan adanya mangrove yang bagus. Mangrove itu merupakan habitat bagi beberapa satwa. Di situ bisa hidup burung-burung air, burung-burung yang dilindungi, buaya, dan lain-lain," ucapnya.

Selain itu, Munawir menuturkan, mangrove bisa difungsikan sebagai penyaring air atau menyaring sampah ke laut, termasuk jadi habitat ikan untuk berkembang biak.


"Terakhir adalah fungsi pemijahan. Hampir 70-80 persen yang kita konsumsi itu bertelurnya sama berbiaknya di hutan mangrove. Nanti kalau dia sudah bertelur, berbiak, sudah agak besar, baru dia ke laut. Jadi begitu pentingnya mangrove ini jadi mestinya kita tidak merusaknya," sambung Munawir.