Ustaz Riza Dicekal, KJRI Koordinasi dengan Imigrasi Hong Kong

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 14:04 WIB
Ustadz Riza Muhammad. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Ustaz Riza Muhammad tertahan di imigrasi bandara Hong Kong saat hendak mengisi ceramah di negara tersebut. Pihak KJRI sudah melakukan koordinasi soal Ustaz Riza yang dicekal itu.

"KJRI telah memperoleh informasi dari Pihak Imigrasi Hong Kong mengenai penolakan masuk Ustaz Riza Muhammad. Saat ini KJRI sedang berkoordinasi lebih lanjut terkait hal tersebut," kata Staf Konsul Muda Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Hong Kong, Vania Alexandra, kepada detikcom, Sabtu (23/11/2019).



Namun, pihak KJRI mengatakan tidak bisa mendapatkan alasan mengapa Ustaz Riza tak bisa masuk ke Hong Kong. Sebab menurut aturan yang berlaku, lanjut Vania, Imigrasi Hong Kong tak berkewajiban membeberkan pencekalan Ustaz Riza.

"Sesuai aturan yang berlaku, Pihak Imigrasi HK tidak berkewajiban menyampaikan alasan penolakan warga asing masuk ke Hong Kong," jelasnya.



Sebelumnya diberitakan, Ustaz Riza bermaksud mengisi ceramah di Hong Kong. Namun, sesampainya di bandara, dia malah tertahan di imigrasi.
Rencananya, ustaz Riza Muhammad akan mengisi ceramah untuk besok siang.

"Sekarang saya masih di imigrasi saya sama asisten. Saya berdua. Saya nggak lolos. Lucunya asisten saya lolos. Mereka bilang ini wewenang negara untuk menolak dan menerima orang masuk ke Hong Kong," ujarnya.


Simak Video "Ditahan Imigrasi Hong Kong, Ustaz Riza Muhammad Minta Doa"

[Gambas:Video 20detik]

(idn/fdn)