Berita Populer Sepekan

Terpopuler Pekan Ini: Kontroversi Sukmawati Hingga Pengumuman Stafsus Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 08:20 WIB
Foto: Salah satu berita populer pekan ini, saat Presiden Jokowi memperkenalkan staf khususnya (Andhika Prasetya/detikcom)
Foto: Salah satu berita populer pekan ini, saat Presiden Jokowi memperkenalkan staf khususnya (Andhika Prasetya/detikcom)

3. Teror Sperma di Tasikmalaya

Warga di Kota Tasikmalaya geger oleh aksi teror cabul seorang pria yang berbuat tak lazim hingga melempar cairan sperma. Kasus ini awalnya dilaporkan oleh salah seorang perempuan yang menjadi korban teror pelemparan sperma.

Pelapor ialah seorang ibu rumah tangga berinisial LR. Saat itu, LR yang tengah menunggu ojek online di Jalan Letjen Mashudi, Tasikmalaya, dihampiri pelaku yang menggunakan motor matik. Tiba-tiba pelaku merabanya, lalu melempar sperma ke arah LR.

Polisi pun bergerak dan berhasil menangkap pelaku yang bernama Sidik Nugraha (25). Terduga pelaku diringkus polisi di rumahnya, kawasan Cienteng, Kota Tasikmalaya, Senin (18/11). Dia pun akhirnya ditahan di Polres Tasikmalaya.


Kasus teror cabul tersebut diduga telah terjadi beberapa kali. Bahkan, aksi pelaku itu viral di media sosial setelah di-posting oleh suami dari LR pada Kamis 13 November 2019. Setidaknya sudah ada 7 perempuan yang menjadi korban Sidik.

Berdasarkan pemeriksaan polisi, terungkap bahwa Sidik bukan hanya melempar sperma. Sidik juga diketahui sebagai begal payudara.

"Ada yang cabul, seperti pegang payudara, terus ada juga yang (sperma) diolesin ke tangan dan ke pipi," ucap Kasat Reskrim Polresta Tasikmalaya AKP Dadan Sudiantoro saat dihubungi detikcom, Jumat (22/11).

4. Pengumuman Stafsus Milenial Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan para staf khususnya. Sebagian dari mereka berasal dari kalangan milenial.

Perkenalan ini berlangsung di beranda Istana Merdeka, Kamis (21/11/2019) sore. Momen perkenalan ini diadakan ala startup dengan duduk di antara bean bag. Jokowi menyebut stafsusnya ini tak bekerja secara full time, namun sewaktu-waktu bisa bertemu untuk berdisuksi dengannya.

"Tidak full time, jadi beliau-beliau ini sudah memiliki kegiatan, memiliki pekerjaan yang bisa nanti mingguan," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).


"Tidak harus kan ketemu, tidak harus ketemu, tapi minimal satu minggu, dua minggu ketemu tapi tidak harus harian ketemu. Tapi bahwa masukan itu setiap jam setiap menit bisa saja," sambung Jokowi.

Berikut ini daftar lengkap stafsus Jokowi:

1. Adamas Belva Syah Devara (29) - Founder dan CEO Ruang Guru
2. Putri Tanjung (23) - Founder dan CEO Creativepreneur
3. Andi Taufan Garuda Putra (32) - Founder dan CEO Amartha
4. Ayu Kartika Dewi (36) - Pendiri Gerakan SabangMerauke
5. Gracia Billy Mambrasar (31) - Pendiri Yayasan Kitong Bisa, Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
6. Angkie Yudistia (32) - Pendiri Thisable Enterprise
7. Aminuddin Maruf (33) - Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
8. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana
9. Sukardi Rinakit
10. Arif Budimanta
11. Diaz Hendropriyono
12. Dini Shanti Purwono
13. Fadjroel Rachman
14. Anggit Nugroho

5. Viral Aturan Ucapan Cake toko kue TOUS les JOURS

Beredar foto dan video viral yang memperlihatkan peraturan soal penulisan ucapan cake 'dilarang bertentangan dengan syariat Islam' di toko kue TOUS les JOURS. Toko kue tersebut kemudian mengklarifikasinya.

Dalam foto yang viral, tampak aturan yang melarang toko menulis ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam, di antaranya ucapan Selamat Natal, Imlek, hingga Valentine dan Haloween. Aturan ini terkait Sistem Jaminan Halal-Produk.

Manajemen TOUS les JOURS menyebut aturan penulisan ucapan cake itu bukan kebijakan resmi pihaknya. Meskipun aturan itu sempat terpasang di salah satu cabang toko kue.

"Perlu kita luruskan di sini, bahwa peraturan yang viral itu yang sedang berkembang, bahwa itu bukanlah kebijakan dari kebijakan manajemen kami, itu bukan sama sekali," kata Marketing Manager TOUS les JOURS, Kathy Syahrizal saat ditemui di Kantor Manajemen TlJ, di Menara Jamsostek, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

"Itu ada tim kita dari Pacific Place, tapi hal itu juga sudah kita luruskan," ucap Kathy saat ditanya kembali soal siapa yang memasang aturan itu.


Dia mengatakan ada masalah miskomunikasi yang menyebabkan munculnya hal ini. Kathy menegaskan manajemen TOUS les JOURS tidak pernah meminta toko untuk memasang aturan soal penulisan ucapan di cake.

"Ada miskomunikasi antara pihak store kita dan dari internal manajemen kami. Jadi sebenarnya kita tidak pernah mengeluarkan itu tapi tiba-tiba ya sudah terpasang seperti itu," ujarnya.

Pihak manajemen juga mengatakan sudah melakukan pendisiplinan, namun tidak merinci apa bentuk pendisiplinan yang dimaksud. "Sudah kami tindak lanjuti, kita juga sudah melakukan pendisplinan," ungkap Kathy.
Halaman

(rdp/rdp)