detikNews
2019/11/23 07:28:54 WIB

Kopilot Bunuh Diri, Wings Air Jelaskan Ikatan Dinas pada Awak Kokpit

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kopilot Bunuh Diri, Wings Air Jelaskan Ikatan Dinas pada Awak Kokpit Wings Air (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Kopilot Wings Air, NA (27), diduga tewas bunuh diri akibat depresi karena diberhentikan dari pekerjaannya. Usai dugaan bunuh diri akibat beban kerja tersebut, pihak Wings Air bicara tentang ikanan dinas pada awak kokpit.

"Perjanjian ikatan dinas tersebut telah disepakati bersama oleh kedua belah pihak dalam keadaan pemahaman yang baik. Perjanjian ikatan dinas dibutuhkan guna menjamin komitmen awak kokpit dan tersedianya awak pesawat yang telah dididik oleh perusahaan serta dinyatakan memenuhi semua kualifikasi (qualified) oleh regulator untuk dapat melaksanakan tugasnya menerbangkan pesawat yang dioperasikan perusahaan sesuai ketentuan dan aturan yang ditetapkan," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/11/2019) malam.



Danang mengatakan perjanjian kerja dibuat untuk memberi kepastian terhadap ketersediaan jasa angkutan udara. Menurutnya, ikatan dinas juga ditujukan untuk memberi pelayanan terbaik.

"Perjanjian ini dibuat bertujuan guna memberikan kepastian terhadap ketersediaan jasa layanan angkutan udara, pelayanan terbaik kepada penumpang serta menjamin kelangsungan pembinaan dan menciptakan awak kokpit yang profesional," tuturnya.

Danang juga menjelaskan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mendidik awak kokpit. Menurutnya, setiap awak kokpit butuh waktu yang lama untuk memenuhi segala pelatihan hingga memahami standar operasional penerbangan.

"Proses mencetak atau mendidik awak kokpit dibutuhkan biaya dan waktu yang cukup lama dalam memenuhi segala pelatihan," ucapnya.


Simak Video "Pilot Mogok, British Airways Batalkan Hampir Semua Penerbangan"





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com