detikNews
2019/11/22 21:08:15 WIB

Round-Up

Duduk Perkara Penangkapan-Pengeroyokan Suporter RI di Malaysia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 4
Duduk Perkara Penangkapan-Pengeroyokan Suporter RI di Malaysia Ilustrasi suporter Indonesia (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dalam minggu ini, terjadi dua peristiwa yang menimpa suporter Indonesia jelang laga Indonesia vs Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia. Dua peristiwa tersebut yakni pengeroyokan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang dilakukan di Bukit Bintang dan penangkapan tiga suporter Indonesia oleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Begini duduk perkara dua peristiwa tersebut:

1. Pengeroyokan Terhadap Suporter Indonesia di Malaysia

Pengeroyokan terhadap suporter Indonesia terjadi di Malaysia. Pengeroyokan itu sebelumnya terungkap melalui video yang viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat dua orang suporter Indonesia dihajar oleh sekelompok pendukung Malaysia.

KBRI Kuala Lumpur kemudian menjelaskan kronologi pengeroyokan itu. Pengeroyokan terhadap WNI itu terjadi pada Senin (18/11) lalu di Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia. Dua suporter Indonesia yang sedang tak mengenakan atribut tetiba dikeroyok oleh sejumlah orang.

Suporter Garuda diketahui memang berangkat ke negara tetangga untuk menonton Timnas Malaysia vs Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar pada Selasa (19/11).

"Saat itu mereka ada di Bukit Bintang didatangi sekelompok orang Malaysia, ditanya apakah kamu suporter Indonesia atau Malaysia. Karena mereka menjawab dengan logat Indonesia terus langsung mereka dikeroyok oleh orang itu. Sementara seperti itu. Memang pada saat kejadian tidak ada atribut baik dari korban maupun pelaku," jelas Kepala Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Yusron Ambary dalam pernyataan pers yang disiarkan di channel YouTube KBRI KL, Jumat (22/11/2019).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com