detikNews
Jumat 22 November 2019, 20:25 WIB

Puan ke Kader PDIP: Kursi Ketua DPR Tidak Gratis, Kita Berjuang Sama-sama

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Puan ke Kader PDIP: Kursi Ketua DPR Tidak Gratis, Kita Berjuang Sama-sama Ketua DPR Puan Maharani (Azizah/detikcom)
Depok - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024. Dia menegaskan kursi Ketua DPR RI yang didapat PDIP bukanlah sebuah pemberian.

"Jadi, kalau ada yang mengatakan kita duduk di sini karena bagi-bagi kursi, itu salah. Seperti di DPR RI, di tingkat pusat. Kemudian ada yang mengatakan, 'Oh PDIP itu bisa mendapatkan Ketua DPR karena sekarang jatahnya PDIP'. Saya sampaikan tidak," kata Puan saat menjadi pembicara dalam Sekolah Pimpinan Dewan Provinsi, Kabupaten/Kota - Gelombang I PDI Perjuangan, di Kinasih Resort, Jalan Cilangkap, Tapos, Kota Depok, Jumat (22/11/2019).


Puan menjelaskan PDIP adalah partai pemenang Pemilu 2019. Berdasarkan undang-undang, lanjutnya, partai pemenang Pemilu 2019 berhak mendapat kursi pimpinan DPR.

"Jadi tidak gratis. Kita itu berjuang bersama-sama, bergotong royong untuk bisa mendapat kursi DPR RI," lanjutnya.


"Harganya mahal sekali, bukan uangnya. Tapi tenaganya, pikiran, dan gotong royong kita secara nasional, secara berjenjang sampai di tingkat provinsi, kabupaten/kota," ujar Puan.


Dia mengatakan apa yang didapat PDIP adalah hasil perjuangan selama 8 bulan lalu, yakni sejak kampanye sampai Pemilu 2019. Dia pun ingin agar perjuangan PDIP selama ini tidak menjadi sia-sia.

"Ini bukan bagi jabatan dan kursi. Namun, setelah kita berjuang 8 bulan di lapangan, mengeluarkan semua energi kita, untuk kemudian bisa mendapatkan kursi dan menempatkan petugas partai atau kader terbaik kita di legislatif dan anggotanya di setiap tingkatannya. Demi bagaimana kita bisa menyejahterakan rakyat," tutur Puan.



Simak Video "Puan Maharani Minta Semua Pihak Antisipasi Aksi Terorisme"



[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com