detikNews
Jumat 22 November 2019, 19:06 WIB

Bamsoet Maju Caketum Golkar, Ace Hasan: Dia Tega Melanggar Janji

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Bamsoet Maju Caketum Golkar, Ace Hasan: Dia Tega Melanggar Janji Foto: Ace Hasan (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar menegaskan tidak akan menghalangi siapapun maju sebagai calon ketua umum (caketum). Namun, Golkar mempertanyakan komitmen Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) soal dukungan kepada caketum petahana Airlangga Hartarto.

"Khusus untuk Pak Bamsoet, kami tidak pernah menghalangi beliau untuk maju menjadi caketum. Kami hanya ingin mempertanyakan soal komitmen yang pernah diucapkannya di depan publik soal kesepakatannya untuk memberikan dukungan kepada Pak Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).


Ace mengatakan kualitas seorang pemimpin bisa dilihat dari keteguhan memegang komitmen. Ia pun menyerahkan kepada para kader Golkar untuk menilai bagaimana kualitas Bamsoet.

"Catatan penting bagi kader Partai Golkar adalah kepada Ketua Umum Partai Golkar saja, yang sudah menugaskannya sebagai Ketua MPR RI, berani dikhianati dan tega untuk melanggar janji dan kesepakatan, apalagi kepada kader-kader Partai Golkar yang menjadi pejuang-pejuang Partai Golkar di akar rumput," tegasnya.

"Soal apakah dia melanggar komitmen itu, itu urusannya dirinya sendiri. Biar masyarakat dan kader-kader Partai Golkar yang menilai dan mencatat kualitas seseorang," lanjut dia.


Ace sekali lagi menegaskan partainya tidak akan menghalangi siapapun maju menjadi caketum, termasuk Bamsoet, dan akan memberikan kesempatan kepada semua kader untuk memenuhi syarat dukungan 30 persen pemegang suara. Ace pun menyebut bukan hanya Bamsoet yang akan menjadi penantang Airlangga dalam perebutan Golkar-1.

"Selain Pak Bamsoet, juga ada kader-kader yang lain yang akan maju menjadi caketum, seperti Ridwan Hisjam dan Indra Bambang Utoyo. Itu menunjukan bahwa Partai Golkar merupakan partai yang sangat demokratis dan terbuka," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan akan maju sebagai calon ketua umum (caketum) Golkar. Bamsoet mengatakan siap menjalankan perintah para kader yang mendukungnya.

"Saya siap menjalankan perintah para pemilik suara, para kader dan para organisasi yang membesarkan Partai Golkar, untuk mengikuti kontestasi pemilihan Ketua Umum Partai Golkar," kata Bamsoet di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/11).

Tonton juga Bamsoet: 10 Pimpinan MPR Tak Ada yang Dorong Narasi Presiden 3 Periode :

[Gambas:Video 20detik]


(azr/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com