detikNews
2019/11/22 18:51:15 WIB

Cegah Radikalisme, Kemenag Beri Materi Moderasi Beragama di Bimbingan Pranikah

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cegah Radikalisme, Kemenag Beri Materi Moderasi Beragama di Bimbingan Pranikah Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Kemenkominfo (Faiq/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan memasukkan materi moderasi beragama dalam bimbingan pranikah. Tujuannya, agar calon pasangan suami-istri tidak terpapar radikalisme setelah menikah.

"Kita akan memulai penguatan terhadap materi berkaitan moderasi beragama. Karena kita melihat di sekitar kita nyata ada terpapar, ada beberapa kelompok terpapar dengan paham radikal," ucap Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Mohsen, saat acara diskusi di gedung serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (22/11/2019).


Mohsen mengatakan calon pasangan itu akan diberi pemahaman agar tidak sering menyalahkan orang lain. Materi moderasi beragama, menurut dia, juga akan memberikan pemahaman agama yang baik bagi calon pasangan itu.

"Maka kami perbaiki pemahaman agama ini agar betul inklusif, tidak sedikit-sedikit menyalahkan orang lain, tidak sedikit-sedikit mengharamkan, tidak sedikit-sedikit memojokkan orang lain. Mari mulai perbaiki dari mindset-nya cara kerangka memahami agama yang baik," ujar dia.




Simak Video "Heboh Sertifikasi Pranikah, Kemenag: Perlu Kajian"






Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +