5 Fakta Hanan Attaki, Sosok Ustaz Inpiratif Anak Muda

Sudiarto Putra - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 18:17 WIB
Hanan Attaki. Foto: Instagram hanan_attaki
Jakarta - Hanan Attaki, ustaz yang digandrungi anak-anak muda karena berpenampilan gaul dan menggunakan sosial media untuk media dakwah. Selain sebagai penceramah, Hanan Attaki juga memiliki suara yang sangat merdu dan sering menjadi qari.

Hanan Attaki adalah penceramah yang lahir di Aceh, 31 Desember 1981, merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Sejak kecil Hanan Attaki sudah dekat dengan Al-Qur'an dan menghafal Al-Qur'an sedari kecil.


Hanan Attaki dikenal sangat cerdas saat masih duduk dibangku sekolah dasar hingga ia mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya. Hanan Attaki juga sering menjadi juara lomba membaca Al-Qur'an dan mendapatkan hadiah dari prestasi yang ia dapatkan.

Setelah menamatkan pendidikannya di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, Hanan Attaki mendapatkan beasiswa ke Universitas Al-Azhar, Mesir.

Masa Kuliah

Hanan Attaki menempuh kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir, Fakultas Ushuluddin, mengambil Jurusan Tafsir Al-Qur'an. Hanan Attaki lulus dari Universitas Al-Azhar di tahun 2004 dengan memperoleh gelar (LC).

Semasa kuliah, Hanan Attaki bergabung dalam kelompok Studi Al-Qur'an dan ilmu Islam dan menjadi pemimpin redaksi untuk bulletin Islam "Salsabila".

Selama kuliah di Mesir tentu memerlukan penghasilan. Untuk memenuhi kebutuhannya, Hanan Attaki mencoba berbagai macam bisnis, mulai dari catering, hingga berjualan bakso. Tidak hanya itu Hanan Attaki juga pernah menjadi pengatur untuk pergi ke Hajar Aswad pada saat musim haji tiba.

Karier

Berikut perjalanan sukses karier Ustaz Hanan Attaki setelah kembali ke Indonesia.

· Bekerja sebagai pengajar SQT Habiburrahman dan Jendela Hati.

· Direktur di Rumah Qur'an Salman ITB.

· Mendirikan gerakan Pemuda Hijrah

Gerakan Pemuda Hijrah Hanan Attaki berfokus dan tertuju kepada anak-anak muda dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube untuk media berdakwah. Di YouTube kamu juga bisa mendengarkan murottal yang dibawakan oleh Hanan Attaki.

Tidak hanya itu, Hanan Attaki sering berkunjung ke masjid-masjid untuk berdakwah. Hanan Attaki juga memiliki jadwal khusus untuk mengisi kajian mengenai Islam di Masjid Trans Studio Bandung. Kajian ini biasanya dihadiri oleh banyak anak muda yang sedang melakukan masa proses hijrah.

Fakta Menarik Sosok Ustadz Hanan Attaki

1. Memiliki Suara Lembut dan Merdu

Pemilik akun Instagram @hanan_attaki ini memiliki suara yang sangat merdu dan lembut dan juga memiliki suara yang sangat khas. Saat membaca Al-Qur'an dan menjadi imam sholat. Suara yang dikeluarkan sangat merdu hal ini membuat orang yang mendengarkannya merasa tenang.

2. Berpenampilan Modis

Gaya berdakwah Ustadz Hanan Attaki sangat berbeda pada penceramah lainnya. Karena pada saat melakukan dakwahnya Hanan Attaki berpenampilan sangat gaul seperti anak muda. Meskipun berpenampilan gaul, Hanan Attaki tetap menjadi sosok Ustaz yang di kagumi banyak orang khususnya anak muda. Tujuan berpenampilan gaul tentu bertujuan untuk mengajak para anak muda untuk mengikuti kajian ustaz Hanan Attaki.

3. Memiliki Hobi yang Sangat menarik

Hanan Attaki memiliki hobi yang dimiliki para anak-anak muda jaman sekarang. Selain mengisi ceramah agama, Hanan Attaki juga hobi berpetualang seperti Touring. Tidak hanya itu, Hanan Attaki juga memiliki hobi yang sangat kekinian bagi anak muda yaitu, bermain Skateboard dan menikmati kopi.

4. Memilki Istri yang Namanya Mirip Dengannya

Sosok orang yang dicintai yang merupakan istri Hanan Attaki memiliki keunikan yaitu, memiliki kemiripan nama dengannya yaitu Haneen Akira dan juga seorang Ustazah.

5. Dakwah Untuk Anak Muda

Dakwah yang disampaikan oleh Hanan Attaki tertuju kepada generasi anak muda dengan mengajak hijrah ke jalan yang benar. Hanan Attaki dalam ceramahnya banyak berpesan tentang perbuatan tercela yang dilakukan pada masa remaja. Maka tak heran disetiap kajian yang diadakan, Hanan Attaki suka memberi julukan khusus untuk anak muda yang belum punya jodoh atau jomblo. Tujuannya agar para anak muda menjadi "Jomblo Fisabilillah" yaitu orang yang taat pada agama dan senantiasa menjauhi larangan-Nya. Maka setiap kajian yang di adakan Hanan Attaki, selalu dipenuhi oleh anak-anak muda.

Semoga kebaikan yang dilakukan oleh Ustaz Hanan Attaki dapat kalian tiru dan bisa kalian amalkan menjadi pahala.


Tonton juga Jadi Staf Khusus, Gracia Ajak Jokowi Bangun Indonesia dari Papua :

[Gambas:Video 20detik]




(lus/lus)