detikNews
Sabtu 23 November 2019, 04:30 WIB

Seperti Apa Adab Berpakaian yang Baik dalam Islam?

Lusiana Mustinda - detikNews
Seperti Apa Adab Berpakaian yang Baik dalam Islam? Adab berpakaian. Foto: iStock
Jakarta - Adab berpakaian yang sesuai dengan anjuran Islam harus kita terapkan. Seperti apa sih adab berpakaian yang baik dalam Islam?

Adab berpakaian dan berhias adalah cara dalam melakukan sesuatu yang sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat. Aturan tersebut lebih mengarah pada nilai kesopanan, akhlak, atau kebaikan budi pekerti.


Berpakaian dan berhias merupakan keindahan tersendiri untuk manusia. Allah SWT pun menyukai keindahan dan keserasian. Rasulullah SAW selalu menganjurkan umatnya untuk selalu berpakaian dengan rapi.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al- A'raf [7] ayat 26 sebagai berikut:

"Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.

Selain itu, Allah juga berfirman dalam Surah Al-A'raf [7] ayat 31 berikut:

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."

Berikut ini adab berpakaian bagi wanita dan laki-laki dalam Islam:

1. Membaca doa
"Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian ini sebagai rezekiku tanpa upaya dan tanpa kekuatan dariku."
2. Memulai dengan anggota badan sebelah kanan.
3. Tidak sombong.
4. Tidak berpakaian dengan pakaian jahiliyah.
5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki atau perempuan.
6. Tidak menyerupai pakaian pendeta.
7. Tidak memakai sepatu sambil berdiri.

Tentunya, adab berpakaian dalam Islam ini juga harus memperhatikan batas aurat. Aurat laki-laki yang wajib ditutupi adalah anggota tubuh antara pusar hingga lutut. Sedangkan aurat perempuan dalam adalah anggota tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan baik luar maupun dalam hingga batas pergelangan.

Penjelasan mengenai cara berpakaian disampaikan Allah SWT dalam firman-Nya:

"Dan katakanlah kepada wanita-wanita beriman. 'Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (jilbab)nya ke dadanya'." (QS. An-Nur [24]:31)




(lus/nwy)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com