Ikuti Jokowi, Prabowo Prioritaskan Belanja Alutsista dari Dalam Negeri

Ikuti Jokowi, Prabowo Prioritaskan Belanja Alutsista dari Dalam Negeri

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 17:09 WIB
Prabowo Subianto (Andhika Prasetia/detikcom)
Prabowo Subianto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk mengoptimalkan belanja alutsista dari industri pertahanan dalam negeri. Menhan Prabowo Subianto sepakat.

"Ya kita akan berusaha sebanyak mungkin pengadaan itu dari industri dalam negeri," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).


Ada banyak industri pertahanan dalam negeri yang akan diprioritaskan Prabowo seperti Pindad dan PT DI. Perusahaan swasta dalam negeri juga diprioritaskan.

"Ya tidak hanya Pindad ya, ada PAL, ada PT DI, ada Len, ada Dahana, ada juga perusahaan-perusahaan swasta yang hebat-hebat juga," ujar Ketum Partai Gerindra ini.


Arahan tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas mengenai alutsista. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin ada peta jalan (roadmap) yang jelas mengenai pengembangan industri alutsista, dari hulu hingga ke hilir.

"Roadmap-nya harus jelas. Dalam pengembangan industri alat pertahanan di dalam negeri, mulai dari hulu sampai hilir, dengan melibatkan baik BUMN sampai swasta sehingga kita bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor alutsista dari luar negeri," kata Jokowi.


Simak Video "Jamu Dubes Korsel, Mahfud Md Bahas Kerja Sama Pengadaan Alutsista"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)