Sebelum Jakarta, Negara-negara Ini Sudah Berlakukan Aturan Jalur Sepeda

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 15:27 WIB
Foto: Jalur sepeda di Jakarta (Grandyos Zafna)
Jakarta - Akhirnya Pemprov DKI Jakarta mulai memberlakukan aturan terkait jalur sepeda. Pemotor yang menerobos jalur sepeda bisa dikenakan sanksi tilang. Sebelumnya Jakarta, beberapa negara lain juga sudah punya aturan terkait pemanfaatan jalur sepeda.

Sebagaimana diketahui, aturan tentang penyediaan jalur sepeda di DKI Jakarta ini tercantum dalam Pergub No 128 Tahun 2019. Ada 17 jalur sepeda yang nantinya bakal diawasi polisi. Pengendara motor yang menerobos jalur ini bisa terkena sanksi tilang.


Namun, sebelum Jakarta, beberapa negara sudah memiliki terkait aturan jalur sepeda. Pada Jumat (22/11/2019) detikcom merangkum negara-negara yang memberlakukan aturan jalur sepeda:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu negara yang memiliki aturan terkait jalur sepeda. Tepatnya di negara bagian California, aturan jalur sepeda diatur dalam California Vehicle Code 21209.

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa pengendara sepeda motor yang mengemudi di jalur sepeda bisa didenda US$ 238. Mereka yang melanggar, SIM-nya juga bisa ditangguhkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3