Ditahan PDRM, 3 Supoter RI Ditangkap Sebelum Laga Malaysia vs Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 14:10 WIB
Ilustrasi suporter Indonesia (Foto: Rifkianto Nugroho/detiksport)
Jakarta - Tiga suporter Indonesia ditahan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). KBRI Kuala Lumpur mengungkapkan, penangkapan terjadi sebelum laga Indonesia vs Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022 berlangsung.

"Informasi yang diterima mereka ditangkap sebelum laga dimulai," ujar Kepala Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Yusron Ambary dalam pernyataan pers yang disiarkan di channel YouTube KBRI KL, Jumat (22/11/2019).

Yusron mengatakan, satu orang ditangkap di gerbang Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Laga Indonesia vs Malaysia tersebut digelar pada Selasa (19/11) lalu. Dua orang lainnya ditangkap berikutnya.

"Jadi ada 1 orang yang ditangkap di gerbang stadion, kemudian dari situ mengarah kedua orang lainnya," katanya.



Yusron menjelaskan penangkapan ketiganya berdasarkan Undang-Undang Prevention of Crime Act (POCA). Dia tak menjelaskan dalam kasus apa mereka ditangkap, Yusron hanya mengungkapkan hal itu berkaitan dengan penyebaran hoax.

"Saat ini informasi yang didapatkan dari Malaysia yang bersangkutan ditangkap berdasarkan UU POCA. Pervention of Crime Act yaitu pencegahan yang memang ada ketentuan hukumnya di Malaysia. Jadi saat ini ketiganya masih berada dalam siasatan pihak polis Malaysia. Kami juga akan segera mengajukan permohonan untuk mendapatkan akses konsuler atas ketiganya," tutur Yusron.

Selanjutnya
Halaman
1 2