Protes Bau Menyengat, Warga di Cilegon Blokir Akses ke Pabrik Kimia

M Iqbal - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 10:50 WIB
Warga di Grogol, Cilegon, memprotes bau menyengat ke pabrik.
Cilegon - Warga Grogol, Kota Cilegon, memblokir pabrik kimia yang menimbulkan bau menyengat. Mereka kesal lantaran bau menyengat tak kunjung teratasi.

Pemblokiran dilakukan sejak Kamis (21/11/2019) malam. Warga mengaku sudah bosan dengan bau yang mengakibatkan kepala pusing dan perut mual. Kondisi itu hampir saban hari dirasakan warga.

"Tiap hari bau, ibu di samping pabrik rumahnya. Iya dari semalem (diblokir), tapi kalau bau tiap hari, kalau nggak parah mah nggak mungkin masyarakat cerewet," kata salah seorang warga Aspariyah, Jumat (22/11).

Peristiwa bau menyengat yang dihasilkan dari produksi bahan kimia ini, kata warga tak kunjung selesai. Warga hampir tiap hari menghirup bau tak sedap. Bahkan peristiwa serupa terjadi menyebabkan warga pingsan lantaran tak kuat menghirup bau menyengat.

Protes Bau Menyengat, Warga di Cilegon Blokir Akses ke Pabrik KimiaWarga di Grogol, Cilegon, memprotes bau menyengat ke pabrik.

"Ibu semalem langsung nutup warung karena bau, mau muntah-muntah semalem tuh, langsung minum air putih banyak," ujarnya.

Mediasi sudah dilakukan beberapa kali antara warga dan pihak perusahaan. Namun permasalahan bau menyengat selalu muncul.

Pengakuan warga, ada seorang anak yang sampai alergi bau. Anak tersebut selalu muntah saat mencium bau tak sedap.

"Pas puasa yang dulu, pas ada yang ngimamin di masjid mundur mau pingsan. Sampe cucu saya sampai alergi bau, dia nggak kuat nyium bau begitu," kata warga lain, Teti.

Selanjutnya
Halaman
1 2