detikNews
2019/11/22 10:16:08 WIB

Profil Staf Khusus Presiden

Ayu Kartika Dewi: Pegiat Toleransi Berprestasi yang Jadi Stafsus Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ayu Kartika Dewi: Pegiat Toleransi Berprestasi yang Jadi Stafsus Jokowi Ayu Kartika Dewi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ayu Kartika Dewi dipilih menjadi staf khusus (stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ayu sendiri punya segudang prestasi saat masih kuliah hingga bekerja. Dia pun dikenal sebagai pegiat isu toleransi.

Ayu lahir di Banjarmasin 36 tahun silam. Dia dilihat dari akun Facebook-nya, Ayu pernah bersekolah SMPN 1 Balikpapan. Namun kemudian Ayu melanjutkan sekolah di SMAN 5 Surabaya. Ayu sejak kecil memang kerap berpindah-pindah karena mengikuti ayahnya yang pindah dinas.


Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ayu lalu berkuliah di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (Unair). Dikutip dari laman resmi Indonesia Mengajar, ketika berkuliah, Ayu pernah meraih banyak prestasi. Beberapa di antaranya skripsinya terpilih untuk mendapatkan Student Grant dari Asian Development Bank, menjadi presenter terbaik Student Grant seluruh Indonesia, Mahasiswa Berprestasi Peringkat Pertama FE Unair 2 tahun berturut-turut, dan peringkat ke-4 se-Unair pada 2003.

Setelah lulus kuliah, dikutip dari laman LinkedIn miliknya, Ayu memutuskan bekerja di P&G di Singapura sebagai Consumer Insights Manager. Dia bekerja dari 2007 hingga 2010. Saat itu, karier Ayu sedang moncer, tapi ia justru memilih keluar dari zona nyaman. Ayu bergabung dengan Gerakan Indonesia Mengajar yang diprakarsai Anies Baswedan. Ayu merupakan angkatan pertama Indonesia Mengajar dan saat itu dia ditugaskan mengajar di SD di Maluku Utara.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com