detikNews
2019/11/22 09:03:05 WIB

Darurat Sampah, Pemkab Badung Bikin TPS di Terminal Mengwi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Darurat Sampah, Pemkab Badung Bikin TPS di Terminal Mengwi Foto: Penampakan udara sisi barat terminal yang akan jadi TPS Badung (Dok. DLHK Badung)
Denpasar - Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung masih mencari lahan untuk pembangunan tempat pengolahan sampah mandiri. Padahal batas waktu pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Suwung sudah semakin mendekat, Terminal Mengwitani akhirnya menjadi opsi.

"Langkah strategis di kala darurat (sampah) ini Pak Bupati dalam waktu singkat ini harus dibangun TPA berbasis zero waste untuk sifatnya sementara di Terminal Mengwitani yang merupakan tanah milik Pemkab Badung seluas 2 hektare," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung Putu Eka Merthawan saat dihubungi via telepon, Jumat (22/11/2019).


Selama ini beberapa lahan yang ditawarkan pemerintah provinsi Bali mendapat protes dari warga setempat. Lahan seluas 2 hektare di sebelah barat Terminal Mengwi milik Pemkab pun akhirnya menjadi pilihan untuk pembangunan tempat sampah sementara.

"Ini memang sudah siap dipakai sebagai tempat pengolahan sampah dengan pola insinerator, iya dibakar tapi pembakaran tersebut tentu dengan kajian emisi yang benar. Prosedurnya nanti mempergunakan dana tanggap darurat, karena sudah darurat sampah," jelasnya.

"Rencananya mudah-mudahan dalam waktu singkat itu bisa selesai. Jadi kita masih punya waktu 8 hari kalender untuk menyiapkan diri pasca komitmen untuk Badung nol truk ke TPA Suwung," sambung Eka.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com