detikNews
Kamis 21 November 2019, 19:09 WIB

Konsisten Jadi Kunci Transmart Raih Penghargaan 9 Tahun Berturut-turut

Gustia Martha Putri - detikNews
Konsisten Jadi Kunci Transmart Raih Penghargaan 9 Tahun Berturut-turut VP Corcomm Transmart Carrefour Satria Hamid bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Foto: Transmart Carrefour
Jakarta - Tak hanya senantiasa mengedepankan kepuasan pelanggan dalam berbelanja dan berwisata bersama keluarga tercintanya, PT Trans Retail Indonesia juga menjaga konsistensi dalam memberikan sumbangsih terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini terbukti dari prestasinya mencapai 9 kali berturut-turut sejak 2011, perusahaan milik anak bangsa ini meraih penghargaan sebagai mitra pembangunan Jawa Barat.

"Ya, kami baru saja kembali menerima penghargaan Mitra Pembangunan Jawa Barat Melalui Program CSR/PKBL Perusahaan Tahun 2019 dari Pemerintah Jawa Barat, pada 15 November 2019, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil," ujar Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, dalam keterangan tertulis, Kamis (21/11/2019).

Konsisten Jadi Kunci Transmart Raih Penghargaan 9 Tahun Berturut-TurutFoto: Transmart Carrefour

Selaku pemilik gerai Transmart dan Carrefour, PT Trans Retail Indonesia memiliki sebanyak 19 gerai di wilayah Jawa Barat. Disebut oleh Satria, dengan jumlah gerai tersebut, PT Trans Retail Indonesia secara konsisten menjaga kesinambungan program-program yang dapat membantu perekonomian masyarakat setempat.


"Konsistensi menjadi kunci kami dalam menjaga kesinambungan usaha kami, khususnya di Provinsi Jawa Barat ini. Kami melakukan pendampingan kepada UMKM di Jawa Barat untuk meningkatkan akses pasar bagi mereka. Program ini termasuk micro finance serta sustainable product from community," tutur Satria.

Penghargaan ini diberikan kepada PT Trans Retail Indonesia yang menaungi Transmart dan Carrefour sebagai perusahaan ritel kebanggaan bangsa Indonesia sebagai mitra pembangunan Jawa Barat melalui program CSR yang senantiasa dijalankan. Apa sajakah program CSR yang dilaksanakan?

"Beberapa program CSR yang kami jalankan seperti program One Store One Goat (OSOG) setiap Hari Raya Kurban, program bina lingkungan termasuk bantuan kemanusiaan jika terjadi bencana alam, bahkan juga ada periksa gigi dan kesehatan gratis bersama untuk masyarakat di sekitar toko bekerjasama dengan CT ARSA Foundation, pernah juga ada program pendidikan melalui OSOS (One Store One School). Dan yang senantiasa dinanti oleh masyarakat, yaitu program Pasar Murah yang kami gelar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar toko untuk mendapatkan berbagai kebutuhan rumah tangga, dengan harga yang sudah kami subsidi, sehingga harganya menjadi sangat murah dari harga normalnya," jelas Satria.

PT Trans Retail Indonesia pun secara berkesinambungan menjalankan program pengembangan UMKM. Diungkap oleh Satria, PT. Trans Retail Indonesia akan terus mendorong masyarakat untuk mau berwirausaha dan masuk dalam sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Langkah nyata ini didorong oleh inisiatif perusahaan yang ingin menjadi pelopor industri ritel yang sepenuhnya berbendera Indonesia.


"UMKM merupakan bagian dari CSR perusahaan kami. Ini tujuannya untuk dapat membantu akses produk-produk UKM yang berkualitas dan memenuhi standar untuk masuk ke pasar modern. Program ini kami salurkan melalui dihadirkannya area yang dinamakan Pojok Rakyat. Ini ada di gerai Transmart dan Carrefour," papar Satria.

Lebih dari 300 UMKM Jawa Barat telah dibina melalui program Capacity Building dan UKM yang mengikuti program ini mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata 20%.
(akn/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com