Bongkar Pemalsuan Buku Kir, Polres Jakut Diberi Penghargaan Kemenhub

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 17:49 WIB
Polres Jakut Terima Penghargaan dari Kemenhub (Jefri/detikcom)
Polres Jakut Terima Penghargaan dari Kemenhub (Jefri/detikcom)

Program BLU-E

Dalam kesempatan ini, Budi menerangkan pihaknya telah berupaya meminimalkan pemalsuan atas buku kir ini. Salah satunya program BLU-E (Buku Lulus Uji Elektronik) yang diharapkan menggantikan buku kir pada 2020.

"Menyangkut permasalahan distribusi bukunya dan pelaksanaan uji KIR nya sedang kita perbaiki sehingga di tahun 2020 buku kir ini akan saya ganti dengan kartu. Namanya BLU-E, Buku Lulus Uji Elektronik ini dalam penanganan di tahun 2020," tutur Budi.

Budi kemudian menjelaskan melalui sistem elektronik ini diharapkan uji berkala kendaraan truk yang beroperasi bisa lebih terkontrol kelayakannya. Dia menjelaskan dalam sistem barunya ini terdapat cip yang berisi data kendaraan.

"Di dalam kartu ini sudah ada ya data kendaraan, ada cipnya, di dalam cip ini berisi data-data. Nanti anggota kita ini akan dibekali dengan handphone agar bisa langsung terbaca kendaraannya, dimensinya, dan lain sebagainya. Ini salah satu yang kita larang, untuk menghindari pemalsuan seperti ini," sambungnya.

Budi menambahkan nanti juga akan terdapat pemasangan stiker pada kendaraan. Hal ini diharapkan mampu memperbaiki persoalan pemalsuan buku kir yang dari beberapa waktu lalu masih menjadi persoalan.

"Kemudian tahun depan ini, nanti yang ada di mobil hanya ada stiker ini kita pasang di kaca dan dokumen ini sebagai pengganti buku. Jika dia pengemudi, satu kartu kemudian formulir yang satu lembar ini. Ini nanti adanya di kaca (stiker warna kuning)," ucapnya.

Sebelumnya, Polres Jakut mengungkap pemalsuan buku kir. Dua pelaku yang merupakan ayah-anak telah melakukan aksinya sejak 2007.

Halaman

(jef/mea)