Bongkar Pemalsuan Buku Kir, Polres Jakut Diberi Penghargaan Kemenhub

Bongkar Pemalsuan Buku Kir, Polres Jakut Diberi Penghargaan Kemenhub

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 17:49 WIB
Polres Jakut Terima Penghargaan dari Kemenhub (Jefri/detikcom)
Polres Jakut Terima Penghargaan dari Kemenhub (Jefri/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Jakarta Utara atas pengungkapan pemalsuan buku kir. Kemenhub mengapresiasi tindakan Polres Jakut karena pemalsuan buku kir cukup meresahkan dan merugikan negara.

"Kami bersama pimpinan, bersama pak menteri perhubungan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepolisian secara umum dan khususnya pada Polres Jakarta Utara dan saya katakan tidak hanya di Jakarta di beberapa tempat juga banyak kejadiannya. Kita harapkan mungkin langkah yang dilakukan Polres Jakarta Utara bisa juga diikuti oleh polres-polres yang lain," kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di kantor Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Penghargaan tersebut secara simbolik diserahkan oleh Budi Setiya kepada Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto. Budi mengatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tidak dapat hadir dalam acara ini.

Lebih lanjut Budi menerangkan maraknya pemalsuan buku kir ini. Modus pemalsuan pun beragam.

"Sebenarnya saya pada saat Dirjen Perhubungan Darat dan saya saat sebagai Dirlantas Polda saya juga sudah menangkap 1 sinyal cukup banyak pemalsuan buku kir. Buku kir palsu macem-macem. Bukunya palsu isinya mungkin bener isinya, tapi bisa bukunya palsu juga. Ada juga yang bukunya asli tapi kemudian isinya palsu dan kemudian diberikan kepada operator kendaraan truk. Artinya kendaraan tidak masuk ke uji kir tapi bukunya dapet," ucapnya.




Selanjutnya
Halaman
1 2