BKSDA Evakuasi Gajah Jinak yang Terluka Diserang Gajah Liar

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 16:23 WIB
Foto: Gajah bernama Winggo (dok. BKSDA)
Banda Aceh - Seekor gajah jinak jantan di Conservation Response Unit (CRU) Alue Kuyun, Aceh Barat, Aceh terluka akibat diserang gajah liar. Gajah bernama Winggo kini dievakuasi untuk menjalani pengobatan.

"Saat kejadian gajah Winggo sedang istirahat di CRU. Kemudian seekor gajah liar masuk ke CRU dan menyerang Winggo," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Aryanto saat dihubungi detikcom, Kamis (21/11/2019).



Akibat serangan gajah lliar tersebut, Winggo mengalami luka dibagian telinga, perut dan pangkal pahanya. Agus memperkirakan, Winggo terluka akibat terkena gading gajah liar tersebut.

Menurut Agus, Winggo sempat diobati oleh dokter hewan BKSDA di lokasi usai terkena serangan pekan lalu. Namun, karena kondisi CRU berlumpur dan untuk pemulihan luka Winggo harus dievakuasi ke Pusat Latihan Gajah di Saree, Aceh Besar.



"Sekarang masih kita lakukan pengobatan dan perkembangannya cukup baik sudah bisa berlari. Kondisi Winggo mulai membaik," jelas Agus.

Agus mengungkapkan, gajah liar kerap memasuki CRU di Alue Kuyuen. Padahal, petugas CRU sudah beberapa kali melakukan penggiringan gajah liar agar menjauh dari CRU.

"Sudah beberapa kali nyerang gajah kita. Cuma kemarin posisinya memang kejadiannya gajah kami terluka. Sudah diusir tapi balik lagi," ucap Agus.


Tonton juga Gajah Liar Ditemukan Mati di Riau :

[Gambas:Video 20detik]

(agse/haf)