detikNews
Kamis 21 November 2019, 13:10 WIB

Tangis Pecah di Pemakaman Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Tangis Pecah di Pemakaman Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy Foto: Pemakaman Bahtiar Effendy (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Depok - Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy dimakamkan di TPU Lemperes Depok. Tangis pecah saat prosesi pemakaman.

Pantauan detikcom di TPU Lemperes, jenazah dimakamkan sekitar pukul 12.35 WIB, Kamis (21/11/2019). Isak tangis pun terdengar ketika jasad Bahtiar dimasukkan ke liang lahat.

Tak sedikit orang yang menangis saat Bahtiar dimakamkan. Ketika jenazah Bahtiar diazankan oleh keluarganya di liang lahat, beberapa kali juga terdengar tangisan. Saat jenazah Bahtiar dikebumikan, selawat terdengar.


Tampak eks Menteri Agama Lukman Hakim ikut dalam pemakaman itu. Lukman terlihat lebih banyak diam saat prosesi pemakaman.

Eks Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, memberikan pesan dan kesan. Dia mengatakan Bahtiar adalah seorang cendekiawan, ilmuwan dan penulis. Karya Bahtiar, kata Din Syamsuddin, sangat bermanfaat, khususnya di bidang politik dan luar negeri.


"Oleh karena itu atas nama keluarga, kami memohon kepada kerabat, untuk dengan penuh keikhlasan dan memberi maaf ke almarhum dari segala kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja," jelas Din Syamsuddin saat memberi sambutan di TPU Lemperes Depok.




HNW Hingga Lukman Hakim Melayat ke Rumah Duka Bahtiar Effendy:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com