Komisi X Rapat Dengar Pendapat dengan HMI-GMKI, Bahas Tantangan Zaman

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 12:06 WIB
Komisi X Rapat Dengar Pendapat dengan HMI-GMKI (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Komisi X pagi ini menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan kemahasiswaan dan pemuda (OKP). RDPU ini digelar untuk mendengarkan masukan OKP perihal tantangan zaman, terutama di era industri 4.0.

RDPU digelar di gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf.

Rapat dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan, di antaranya HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, KHMDI, Hikmahbudhi, GP Ansor, dan PP Pemuda Muhammadiyah.


"Tantangan zaman ada 2, yaitu kompetisi yang bukan dengan sesama, tapi dengan asing juga. Kemudian pengangguran terbuka saat ini sampai 8 juta yang mayoritas anak muda. Kami ingin mendengar masukan teman OKP terkait tantangan ini, apalagi zaman industri 4.0," kata Dede.

Satu per satu kemudian perwakilan dari OKP memberikan masukan kepada Komisi X. Perwakilan Hikmahbudhi meminta Komisi X membantu pemuda Buddha mendapatkan haknya di daerah, mengingat masih adanya kesenjangan sosial dibanding agama lain.

Kemudian perwakilan KHMDI berharap adanya komunikasi yang lebih intens antara OKP dengan pemerintah. Sementara GMKI mengusulkan pembubaran Kementerian Pemuda dan Olahraga.


"Ada 30 kementerian yang mengurus pemuda, ini membuktikan tidak ada konsentrasi untuk urus pemuda. Kami mengusulkan bubarkan saja Kementerian Pemuda itu, langsung saja pemuda di bawah presiden langsung," kata perwakilan GMKI.

Rapat dengar pendapat saat ini masih berlangsung.




Tonton juga video Fraksi PKS ke Kapolri: Ada Menghina Rasul Kok Diam?:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idn)