KRL Mulai Operasi di Serang Banten Tahun 2020

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 11:47 WIB
Deputy Executive Vice Presiden PT KAI Daop 1 Bidang Teknis dan Operasional, Sofyan Hasan. (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - KRL Commuter Line dipastikan bisa dinikmati oleh warga Serang tahun 2020. Rencana pengoperasian moda transportasi massal ini akan dimulai dari pembangunan elektrifikasi sepanjang jalur dari stasiun Rangkasbitung ke Serang.

"Kita tahu bahwa tahun depan rencana kita elektrifikasi sampai Serang. KRL rencananya tahun depan sudah sampai (stasiun) Serang," kata Deputy Executive Vice Presiden PT KAI Daop 1 Bidang Teknis dan Operasional, Sofyan Hasan kepada wartawan di Walantaka, Serang, Banten, Kamis (21/11/2019).

Moda transportasi KRL sendiri baru sampai stasiun Rangkasbitung, Lebak. Trak rel masih menggunakan satu jalur. Namun Sofyan menegaskan, meskipun satu trak, hal itu tidak mengganggu jalur KRL saat dioperasikan.



Ia juga menambahkan rencananya trak yang satu jalur tersebut akan diganti mulai dari Rangkasbitung sampai ke Citeras. Setelah itu, dilakukan elektrifikasi agar KRL bisa operasi.

"Kalau pekerjaan elektrifikasi gampang, tahun depan (KRL) mungkin bisa operasi," ujarnya.

Sofyan menuturkan bahwa elektrifikasi dan pengoperasian KRL bisa juga dilakukan sampai Merak pada satu saat nanti. Namun, pihaknya menunggu perkembangan pengguna moda transportasi kereta api di sepanjang jalur tersebut.



"Yang pasti sampai Serang dulu, kita lihat perkembangan masyarakat sekitar, di sini baru ada 10 kereta pulang pergi," pungkasnya.




Simak juga video Belasan Bangkai Gerbong Kereta di Stasiun Cikaum Subang Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/idn)