detikNews
2019/11/20 20:30:53 WIB

Round-Up

Cerita Pemberhentian Terhormat Ustaz Abdul Somad

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cerita Pemberhentian Terhormat Ustaz Abdul Somad Ustaz Abdul Somad (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) mengundurkan diri sebagai PNS Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru. UAS diberhentikan secara terhormat. Bagaimana ceritanya?

Kabar UAS mengundurkan diri muncul pada pertengahan Oktober 2019. Ketika itu surat pengunduran UAS masih diproses di pihak rektorat. Setelah selesai, barulah akan dilaporkan ke Kemenag.

Pengunduran diri UAS mengejutkan pihak kampus. Sebab, UAS terhitung baru 8 tahun sebagai dosen.

"Belum lama, sekitar 8 tahun. Posisinya hanya sebagai dosen biasa saja (tidak ada jabatan di rektorat)," kata Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru, Prof Dr Ahmad Supardi, dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (16/10/2019).



Ahmad menjelaskan golongannya sebagai PNS juga masih rendah. Ketika geger surat pengunduran diri, UAS sedang tugas belajar mengambil gelar doktor (mahasiswa S3) di Sudan.

"Kita memberikan (izin) tugas belajar. Kita berikan izin untuk mengambil S3 untuk ngambil doktor," katanya.

Ahmad mengatakan, dalam surat, pengunduran diri UAS disebabkan kesibukan. Dia menyayangkan keputusan UAS itu.

"Sebagai dosen kan ada kewajiban mengajar (di kampus). Karena kesibukan-kesibukan itu, beliau bilang tidak bisa aktif proses belajar-mengajar," kata Ahmad.



UIN Suska beberapa kali melayangkan surat ke UAS untuk mengklarifikasi pengunduran diri UAS dari ASN. Ustaz kondang dan fenomenal ini diminta menghadap Rektor UIN Suska pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Selain itu, pihak kampus berkirim surat pertimbangan ke Sekjen Kemenag terkait nasib UAS. Surat pertimbangan tersebut untuk mengambil keputusan memberhentikan dari ASN.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com