Batal Laporkan Ojol Bawa Lari Jenazah, RS Bebaskan Biaya Perawatan Bayi

Batal Laporkan Ojol Bawa Lari Jenazah, RS Bebaskan Biaya Perawatan Bayi

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 19:36 WIB
Ojol Bawa Bayi (Foto: Dok. Istimewa)
Ojol Bawa Bayi (Foto: Dok. Istimewa)
Padang - Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Muhammad Djamil Padang batal melaporkan rombongan pengemudi ojek online (ojol) yang membawa lari jenazah bayi berusia 6 bulan. Pihak rumah sakit juga membebaskan keluarga pasien dari seluruh biaya perawatan.

Direktur Utama RSUP Dokter Muhammad Djamil Padang, Yusirwan Yusuf, mengatakan langkah membebaskan keluarga pasien dari segala tagihan merupakan kebijakan khusus yang diambil oleh direksi rumah sakit pelat merah tersebut.

"Sudah kita gratiskan. Keluarga pasien tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan yang sempat tertunggak," kata Yusirwan kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).



Yusirwan tak merinci jumlah tagihan sang pasien. Namun, dalam catatan yang beredar, secara total, tagihan pihak keluarga kepada rumah sakit sebesar Rp 24.180.900, yang terdiri dari biaya IGD sebesar Rp 1.385.600 dan biaya rawat inap sebesar Rp 22.795.300.

Yusirwan menjelaskan alasan pihak rumah sakit membebaskan tagihan itu adalah keluarga pasien berasal dari keluarga yang tidak mampu. Dia juga menegaskan rumah sakit tidak pernah berniat mempersulit pasien, apalagi sampai menahan jenazah.

"Semuanya ada prosedur. Ini perlu diluruskan bahwa kami tidak menahan jenazah, namun tentu saja ada urusan administrasinya. Menyelesaikan administrasi bukan berarti harus membayar tagihan dulu baru bisa membawa jenazah pulang," katanya.



Selanjutnya
Halaman
1 2