detikNews
Rabu 20 November 2019, 14:00 WIB

Lembaga Pelatihan Bahasa Dibanjiri Pendaftar CPNS

Angga Laraspati - detikNews
Lembaga Pelatihan Bahasa Dibanjiri Pendaftar CPNS Foto: Dok. Lembaga Bahasa LIA
Jakarta - Pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dibuka selama 2 minggu sejak 11 November sampai dengan 25 November 2019. Ratusan ribu pelamar berkompetisi untuk menduduki ribuan formasi yang dibuka oleh 68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah daerah.

Beberapa kementerian/lembaga dan instansi daerah mewajibkan sertifikat bahasa Inggris untuk syarat pendaftaran, di antaranya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri.

Sertifikat bahasa Inggris yang diperbolehkan salah satunya adalah TOEFL® Prediction. Skor minimal yang dibutuhkan pun bervariasi antara 400 sampai dengan 550.


Lembaga Bahasa LIA yang telah berdiri sejak tahun 1959 adalah salah satu lembaga bahasa yang memiliki produk TOEFL® Prediction yang banyak digunakan oleh para pelamar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil. Tes yang bernama LIA EPT™ (English Proficiency Test) ini pada tahun 2018 telah diambil oleh hampir 7.000 calon pelamar CPNS yang menjalani tes di 17 LIA Test Center yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Lembaga Pelatihan Bahasa Dibanjiri Pendaftar CPNSFoto: Dok. Lembaga Bahasa LIA

Untuk rekrutmen CPNS tahun 2019 yang masih berlangsung ini, LIA EPT™ telah diambil oleh hampir 2.500 calon pelamar CPNS. LIA EPT™ sendiri telah diproduksi sejak tahun 1977 dan telah digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk seleksi penerima beasiswa dari pemerintah, perguruan tinggi, dan berbagai lembaga, sebagai standar pengukuran kecakapan berbahasa Inggris para kandidat.

Seiring dengan semakin tingginya penggunaan LIA EPT™ oleh berbagai lembaga pemerintah, perguruan tinggi, maupun perusahaan swasta untuk berbagai keperluan, baik rekrutmen maupun promosi jabatan, semakin tinggi pula permintaan atas kelas persiapan TOEFL®. Sejak 2006 Lembaga Bahasa LIA telah membuka LIA Preparation Course for the TOEFL® yang dapat diikuti di 64 gerai LIA di seluruh Indonesia.


(ads/ads)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com