Ombudsman Sebut Kemenhan Diskriminatif terhadap CPNS Perempuan Hamil

Ombudsman Sebut Kemenhan Diskriminatif terhadap CPNS Perempuan Hamil

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 13:55 WIB
Foto: Ari Saputra
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menyoroti isu diskriminasi gender dalam proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Salah satu lembaga yang disinggung Ombudsman adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Kalau misalnya Kemhan, misalnya. Kemhan tidak terima perempuan hamil. Apakah kekhususan, kekhususan kemampuan reproduksi perempuan itu dijadikan dasar untuk menghambat seseorang untuk bisa bekerja," kata Koordinator Pengampu Bidang Resolusi dan Monitoring Ombudsman, Ninik Rahayu, di Gedung Ombudsman, di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).


Ninik menyarankan agar masalah kehamilan CPNS disikapi dengan langkah solutif, semisal memberi tes fisik yang berbeda kepada CPNS yang sedang hamil. Hal ini dimaksudkan agar perempuan hamil bisa tetap ikut proses seleksi dan kandungannya tetap aman.

"Kalau dianggap bahwa di dalam pelaksanaan tes itu nanti ada kekhawatiran menyebabkan gugurnya janin, apakah tidak bisa dipertimbangkan tesnya itu dengan cara yang berbeda gitu," jelas Ninik.

Selanjutnya
Halaman
1 2