Polisi Tembak Burung Napi Kabur yang Suka Mencuri di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 13:40 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Banda Aceh - Pelaku pencurian berinisial R alias Burung (28) ditembak kakinya karena berusaha melawan saat ditangkap. Burung merupakan napi Lapas Banda Aceh yang kabur.

"Tersangka merupakan spesialis pembobol rumah dan sudah 10 kali berurusan dengan pihak Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe," kata Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Penangkapan terhadap Burung dilakukan polisi di rumahnya di kawasan Aceh Utara, pada Minggu (17/11). Saat hendak diciduk, Burung melawan polisi dengan menggunakan balok.




Polisi terpaksa menembak kakinya untuk dilumpuhkan. Menurut Indra, Burung beraksi pada malam hari dan menarget rumah rumah besar.

Kasus terbaru, Burung melakukan pencurian di Dusun Mita Peunawa, Desa Seuneubok Punti, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, serta di Desa Binjee, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara. Dari tangan Burung, polisi menyita sejumlah barang bukti.




"Dari hasil penyelidikan, tersangka merupakan DPO pelarian dari LP Lambaro setahun lalu dengan kasus yang sama," jelas Indra.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka dikenai Pasal 363 ayat 1, 3e, 4e, 5e KUHP juncto Pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun.




Tonton juga video Warga Pergoki Pria Berhijab di Halte Masjid Baiturrahman Aceh:

[Gambas:Video 20detik]



(agse/fdn)