Rektor UIN Sumut-Tuan Guru Batak Temui Mahfud Bahas Deradikalisasi

Rektor UIN Sumut-Tuan Guru Batak Temui Mahfud Bahas Deradikalisasi

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 10:33 WIB
Rektor UIN Sumut-Tuan Guru Batak menemui Mahfud Md (Matius Alfons/detikcom)
Rektor UIN Sumut-Tuan Guru Batak menemui Mahfud Md (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mafhud Md ditemui oleh beberapa tokoh dari Sumatera Utara (Sumut). Pertemuan dilakukan untuk membahas kebinekaan Indonesia hingga deradikalisasi.

Pertemuan itu dilaksanakan di kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019), sejak pukul 09.00 WIB. Terlihat tokoh yang hadir antara lain Rektor UIN Sumatera Utara Saidurrahman, tokoh agama Sumatera Utara Tuan Guru Batak (TGB) Syekh H Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk, dan Romo Antonius Benny Susetyo.

"Iya (bertemu) Menko Polhukam, kita tentu kita berharap Indonesia kita tetap terawat dalam kebinekaan dalam kebangsaan. Kita sebahasa untuk merawatnya dalam rangka deradikalisasi dan relasi beragama. Kerukunan jadi kata kunci jadi semua umat beragama harus memastikan umatnya mengawal keindonesiaan kita," kata Saidurrahman.



Saidurrahman mengatakan UIN sebagai pendidik dititipi tugas memberi ajaran agama yang moderat, sehingga secara tarbiah dapat mengurangi radikalisasi, khususnya di wilayah Sumatera Utara, yang kerap terjadi tindakan radikal.

"Iya, kalau kita kan melihat secara falsafah bahwa radikal itu ada di semua lini, karena itu upaya kita pendidik meyakinkan secara tarbiah pendidikan ajaran untuk moderat dalam beragama. Insyaallah, dengan gitu, radikalisasi dapat berkurang, khususnya karena kita universitas Islam. Kita harus pastikan ajaran agama kita adalah ajaran yang rahmatan lil alamin, agama yang moderat, yang bisa merangkul semua keragaman di kebinekaan Indonesia," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2