Gerindra Kaji Usul Tito soal Pilkada Sistem Asimetris yang Didukung PDIP

Gerindra Kaji Usul Tito soal Pilkada Sistem Asimetris yang Didukung PDIP

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 08:41 WIB
Sodik Mudjahid (Foto: dok. pribadi)
Sodik Mudjahid (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengusulkan sistem asimetris terkait evaluasi pilkada langsung. Usulan yang didukung PDIP itu tengah dikaji Fraksi Partai Gerindra.

"Hal yang wajar jika Mendagri akan melakukan evaluasi pilkada biaya tinggi yang sering dikaitkan dengan pilkada langsung. Pilkada langsung atau tidak langsung adalah urusan besar dan perkara yang besar dan menyangkut banyak hal," kata anggota Komisi II DPR F-Gerindra Sodik Mudjahid kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

"Kami minta agar evaluasi dilakukan melalui riset atau penelitian yang mendalam untuk setiap faktor terkait dan juga secara integrated dan komprehensif mencakup dan meliputi semua faktor yang terkait pilkada," imbuh Sodik.



Sodik mengakui kalau para kandidat kepala daerah harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk untuk kampanye dan sebagainya. Terkait semua sistem untuk evaluasi pilkada langsung, termasuk sistem asimetris, Sodik menyebut Gerindra dalam posisi mengkaji.

"Gerindra sendiri sedang terus melakukan riset dan kajian internal tentang pilkada langsung atau tidak langsung," tegas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2