Kapolres Kampar Dimutasi karena Tak Hiraukan Kapolri, Kompolnas: Sesuai Aturan

Kapolres Kampar Dimutasi karena Tak Hiraukan Kapolri, Kompolnas: Sesuai Aturan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 06:02 WIB
Foto Ilustrasi (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Foto Ilustrasi (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar lantaran tak mendengarkan arahan Kapolri Jenderal Idham Azis saat HUT Brimob di Depok, Jawa Barat. Kompolnas menilai mutasi tersebut sudah sesuai dengan aturan.

"Institusi Polri adalah institusi yang menjunjung tinggi disiplin, sehingga yang bersangkutan dicopot dari jabatannya selaku Kapolres untuk dapat diperiksa oleh Propam. Pencopotan itu sesuai aturan," ujar anggota Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Selasa (19/11/2019) malam.



Poengky menyebutkan ada beberapa hal yang dilanggar oleh Asep. Dia mengatakan setiap anggota Polri harus mendengarkan arahan dari pimpinan.

"Pertama, dia tidak menunjukkan kedisiplinan. Ada arahan pimpinan seharusnya siap dan mendengarkan arahan, selanjutnya melaksanakan arahan tersebut," kata dia.

Poengky menjelaskan setiap anggota harus tunduk kepada Kapolri. Selain itu, Asep dinilai tidak profesional karena disebut mengobrol saat Kapolri sedang memberikan pengarahan.

"Kedua, yang memberikan arahan adalah Kapolri. Semua anggota Polri harus tunduk pada Kapolri. Ketiga, anggota harus selalu bersikap profesional. Dengan ngobrol sendiri saat ada arahan, menunjukkan bahwa yang tidak profesional," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2