Warga Khawatir Sampah Kalibaru Bikin Banjir, Pemkab Bogor: Kami Pantau

Warga Khawatir Sampah Kalibaru Bikin Banjir, Pemkab Bogor: Kami Pantau

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 19:07 WIB
Tumpukan sampah di Kalibaru tak kunjung diangkut. (Sachril/detikcom)
Tumpukan sampah di Kalibaru tak kunjung diangkut. (Sachril/detikcom)
Bogor - Tumpukan sampah di perairan Kalibaru, Cibinong, Kabupaten Bogor, yang tak kunjung dibersihkan dikhawatirkan menyebabkan banjir. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memaklumi kekhawatiran warga itu.

"Iya betul. Bukan masalah banjir saja sih. Kalau masalah kali kotor, potensi jadi penyakit atau apa. Kita juga concern ke situ. Warga juga ingin cepat (sampah dibersihkan), kita juga paham itu. Itu juga kita pantau (tumpukan sampah)," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor, Trian Turangga, ketika dihubungi, Selasa (19/11/2019).


Trian mengatakan tumpukan sampah di perairan Kalibaru, tepatnya di seberang Hotel Taman Cibinong II, tidak bisa langsung dibersihkan. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tidak memiliki ekskavator long arm.

Dia menjelaskan pihaknya sudah mengajukan peminjaman alat ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kementerian PUPR. Trian menyebut pembersihan bisa dilakukan bila alat yang dibutuhkan sudah dapat dipinjam.

"Ya makanya, kita ada keterbatasan alat ya. Makanya di dalam surat itu kita minta maksimal akhir November sudah bisa eksekusi. Jadi alatnya jangan nanti, datangnya lama-lama gitu. Kalau bisa secepatnya," lanjut dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2